Tautan-tautan Akses

Turki Evakuasi Penjaga Makam dari Suriah, Damaskus Marah


Kendaraan militer Turki di sebuah jalanan di kota Kobani, Suriah, 22 Februari 2015, dalam sebuah operasi untuk memindahkan makam Suleyman Shah di Suriah utara.

Kendaraan militer Turki di sebuah jalanan di kota Kobani, Suriah, 22 Februari 2015, dalam sebuah operasi untuk memindahkan makam Suleyman Shah di Suriah utara.

Damaskus menyebut operasi militer Turki semalam untuk mengevakuasi puluhan tentara dan memindahkan sebuah makam bersejarah di Suriah Utara sebagai tindakan “agresi yang menyolok.”

Ankara mengirim tank-tank dan senjata berat lainnya melintasi perbatasan untuk menyelamatkan hampir 40 tentara Turki yang ditugasi melindungi makam Suleyman Shah, kakek pendiri Kekaisaran Ottoman, karena militan Negara Islam (ISIS) mengepung daerah itu dalam beberapa bulan ini.

Para pejabat Turki menyatakan tank-tank dan senjata berat lainnya memasuki Suriah melalui kota perbatasan, Kobani, yang direbut pejuang Kurdi Suriah bulan lalu setelah pertempuran sengit dengan kelompok militan Negara Islam (ISIS).

Menurut para pejabat, misi mereka sukses membawa para tentara itu kembali ke Turki. Mereka menyatakan seorang tentara tewas dalam sebuah kecelakaan.

Makam yang terletak sekitar 35 kilometer dari perbatasan di Provinsi Aleppo Suriah itu masuk wilayah Turki berdasarkan suatu perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1921.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan makam itu akan dipindah ke lokasi lain di Suriah yang lebih dekat dengan perbatasan Turki.

Pemerintah Turki menyatakan tahun lalu bahwa militan ISIS bergerak maju ke arah makam, yang dikawal puluhan tentara Turki.

XS
SM
MD
LG