Tautan-tautan Akses

Turki Dilarang Lintasi Wilayah Udara Suriah


Suriah mengeluarkan larangan melintasi wilayah udara bagi penerbangan sipil Turki, Sabtu (13/10).

Suriah mengeluarkan larangan melintasi wilayah udara bagi penerbangan sipil Turki, Sabtu (13/10).

Kementerian Luar Negeri Suriah mengeluarkan larangan melintasi wilayah udaranya bagi penerbangan sipil Turki, yang berlaku mulai Sabtu tengah malam (13/10).

Menanggapi langkah Turki yang melarang penerbangan Suriah melintasi wilayah udaranya, Kementerian Luar Negeri Suriah mengeluarkan larangan yang sama dengan memberlakukan aturan tersebut bagi penerbangan sipil Turki mulai Sabtu tengah malam (13/10),

Pengumuman Suriah itu datang tiga hari setelah Turki mencegat sebuah pesawat penumpang Suriah yang sedang melakukan perjalanan dari Moskow ke Damaskus, serta menyita peralatan militer dan amunisi yang menurut Turki ditujukan untuk pemerintahan Presiden Bashar al-Assad yang sedang terpojok. Suriah membantah pesawat itu dimuati kargo militer.

Turki meningkatkan patroli tank ditingkatkan di sepanjang perbatasan 900 kilometer dengan Suriah, Sabtu (13/10) beberapa hari setelah tembakan artileri Suriah melintasi perbatasan dan jatuh di di desa-desa Turki. Pemerintah Ankara mengancam akan membalas setiap ancaman lebih lanjut terhadap wilayahnya.

Sementara itu utusan perdamaian internasional Lakhdar Brahimi tiba di Istanbul Sabtu untuk membahas ketegangan yang meningkat ini. Brahimi juga membicarakan konflik Suriah Jumat dengan raja Saudi, Abdullah di Jeddah, dimana keduanya sepakat perlunya segera dihentikan pertumpahan darah dan memberi bantuan bagi jutaan warga Suriah yang kena dampak perang saudara di Suriah ini.
XS
SM
MD
LG