Tautan-tautan Akses

Pengusaha Turki Berharap Opera Sabun dapat Tarik Turis Arab


Turis lokal dan asing memenuhi pantai Konyaalti di Antalya, Turki selatan. (Foto: Dok)

Turis lokal dan asing memenuhi pantai Konyaalti di Antalya, Turki selatan. (Foto: Dok)

Serial dengan 30 episode yang ditayangkan selama bulan suci Ramadan diharapkan dapat mempromosikan provinsi Antalya dan mengatasi penurunan tajam di sektor pariwisata.

Ia bukan aktor berpengalaman, tapi pengusaha Turki Serdar Ali Abet berharap debutnya di televisi -- dan gabungan antara akhir episode yang menggantung, melodrama dan set yang mewah -- dapat menarik penggemar di seantero Arab dan membantu membangkitkan industri pariwisata Turki yang sedang terguncang.

Abet, pemilik biro perjalanan, memiliki ide bahwa opera sabun dengan set di provinsi Antalya di Mediterania dapat menarik turis-turis Arab. Sejak itu ia menjadi pendana serial produksi gabungan Turki-Arab, sekaligus menjadi bintangnya.

Dengan anggaran US$3 juta, "Big House" mulai mengudara minggu ini di TRT Al Arabiya, saluran berbahasa Arab di televisi pemerintah Turki. Abet memperkirakan serial dengan 30 episode yang ditayangkan selama bulan suci Ramadan dapat mempromosikan Antalya dan mengatasi penurunan tajam di sektor pariwisata.

Bulan April, kedatangan turis di Turki menghadapi penurunan terbesar dalam 17 tahun, akibat serangkaian serangan bom dan memburuknya hubungan dengan Moskow setelah Ankara menembak jatuh pesawat perang Rusia di atas Suriah tahun lalu. Tingkat okupansi hotel rata-rata turun hampir 70 persen secara nasional, menurut data industri.

Abet mulai berpikir tentang strategi meningkatkan jumlah turis dan terinspirasi oleh opera sabun Turki "Noor", yang beberapa tahun lalu menjadi populer di dunia Arab, mencatat rekor 85 juta penonton untuk episode akhir. Acara itu juga mendongkrak pariwisata, dan Abet menghadapi lonjakan pelanggan dari Arab saat itu yang ingin melihat tempat-tempat di Istanbul yang muncul di program tersebut. [hd]

XS
SM
MD
LG