Tautan-tautan Akses

Turis, Diplomat Berbondong-bondong Kunjungi Kuba


Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo (tengah) dan politisi New York menyalami warga dalam kunjungan di kota tua Havana, Kuba (20/4).

Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo (tengah) dan politisi New York menyalami warga dalam kunjungan di kota tua Havana, Kuba (20/4).

Francois Hollande menjadi Presiden Perancis pertama yang mengunjungi Kuba dengan mengajak serta lima menteri dan puluhan pengusaha.

Turis bercelana pendek dan bersandal bukan satu-satunya orang asing yang membanjiri Havana, ibukota Kuba, belakangan ini.

Diplomat-diplomat tinggi dari Jepang, Uni Eropa, Italia, Belanda dan Rusia telah mengunjungi negara pulau itu dalam beberapa bulan terakhir untuk membuka atau mempertahankan hubungan dengan negara yang mendadak dilihat sebagai berprospek ekonomi cerah setelah mencairnya hubungan Kuba dengan Amerika.

Minggu (10/5) malam, Francois Hollande menjadi presiden Perancis pertama yang mengunjungi negara komunis Kuba, mengajak serta lima menteri dan puluhan pengusaha.

Kuba dulu terbiasa menerima kunjungan, terutama mitra-mitra berhaluan kiri dari Amerika Latin dan sekutunya yang lebih kecil di Afrika dan Karibia.

Kini, hampir semua delegasi diplomatik datang disertai pengusaha besar yang tertarik dalam upaya Kuba menarik investasi asing baru lebih dari delapan miliar dolar sebagai bagian liberalisasi ekonomi yang lebih luas dan bertahap. Para delegasi juga berupaya memastikan Kuba tidak lupa pada teman-teman lamanya jika kelak bisnis negara itu semakin meningkat dengan Amerika.

XS
SM
MD
LG