Tautan-tautan Akses

Tur Bertabur Bintang Tamu, Taylor Swift Makin Melesat

  • Associated Press

Taylor Swift tampil dalam Tur Dunia 1989 di Staples Center, Los Angeles, California (22/8).

Taylor Swift tampil dalam Tur Dunia 1989 di Staples Center, Los Angeles, California (22/8).

Bintang pop itu tak hanya mengundang para penyanyi masa kini ke panggung, tapi juga penyanyi folk legendaris Joan Baez dan pendatang baru The Weeknd dan Fetty Wap.

Taylor Swift bisa disebut "Bayi Oprah" dan panggung merupakan versinya dari sofa Winfrey.

Bintang pop terpenting saat ini, mega bintang Swift telah mencapai puncak karirnya dan merambah jalur di luar musik, berkat tur dunia yang sangat sukses dalam mempromosikan albumnya, "1989."

Dengan gaya khas Swift, ia telah mengundang penyanyi-penyanyi yang populer di radio untuk tampil bersama, termasuk Nick Jonas, Jason Derulo, John Legend dan para sahabatnya Selena Gomez dan Lorde. Tapi Swift, 25, juga berbagi panggung dengan penyanyi folk legendaris Joan Baez dan penyanyi-penyanyi pendatang baru seperti The Weeknd dan Fetty Wap, dengan lagu hit "Trap Queen," lagu cinta kontemporer tentang mengisap kokain dengan kekasih.

Lalu ada momen-momen yang tidak biasa: komedian dan pembawa acara Ellen DeGeneres tampil di panggung, aktris Lisa Kudrow menyanyikan "Smelly Cat" dari serial televisi "Friends", dan bintang "Friends" lain, Matt LeBlanc, naik panggung bersama Chris Rock. Aktris Julia Roberts bahkan berjalan di panggung bak peragawati saat Swift menyanyikan lagunya "Style."

Bintang pop itu juga mengundang para atlet untuk bersenang-senang bersama, dari Kobe Bryant sampai Serena Williams dan tim sepakbola putri AS, hanya beberapa hari setelah mereka menjuarai Piala Dunia. Selain itu juga para model yang ia sebut sahabat, termasuk Gigi Hadid dan Karlie Kloss.

"Dalam wawancara, saya selalu ditanya, bagaimana 'menarik' orang-orang ini datang ke pertunjukan saya untuk jalan di atas panggung? Sebetulnya orang-orang itu sudah ada di sana untuk menonton. Biasanya saya bertanya pada mereka pada acara 'meet-and-greet' sebelum pertunjukan apakah mereka mau tampil di atas panggung, kemudian saya menjelaskan bagaimana panggung atau lift bekerja dan kita spontan saja," ujarnya dalam sebuah email ke Associated Press.

Banyak dari tamu-tamu kejutan memiliki anak-anak yang juga penggemar berat Swift, atau disebut Swifties.

"Joan Baez dan Julia Roberts ada di pertunjukan saya di Santa Clara, dan mereka ada di ruang 'meet-and-greet' bersama-sama. Julia adalah penggemar berat Joan dan mereka langsung akrab. Saya tanya apakah mereka mau berjalan di atas panggung bersama-sama, dan anak-anak Julia langsung berteriak 'Please!!' Seperti itulah kejadiannya."

Tamu-tamu lain dalam 1989 World Tour, yang dimulai di Tokyo bulan Mei, termasuk Justin Timberlake, Alanis Morissette, Natalie Maines dari Dixie Chicks, Sam Hunt, Wiz Khalifa dan Beck.

"Banyak bintang yang tidak mau berbagi sorotan panggung dengan orang lain, tapi Taylor gembira melakukannya. Sesuatu yang saya kira unik saat ini," ujar Josh Duboff, yang mewawancarai Swift untuk sampul depan ​Vanity Fair edisi September.

Mary J. Blige, yang menyanyikan lagu-lagunya "Family Affair'' dan "Doubt'' di Staples Center di Los Angeles dengan Swift, mengatakan penyanyi itu "seseorang yang saya cintai sebelum ia mengundang saya ke pertunjukannya."

"Ini luar biasa. Ia pantas mendapatkannya. Ia murah hati, sangat manis dan besar hati. Jadi ia mendapatkan semua hal yang ada dalam dirinya," ujar diva R&B itu mengenai Swift dan para bintang tamunya. "Orang-orang mendukungnya."

Di pertunjukan yang sama, Swift tampil berduet dengan aktris pemenang Emmy dan bintang serial "Orange is the New Black'' Uzo Aduba, menandai penampilan keduanya dalam tur penyanyi itu.

Kelompok vokal perempuan Fifth Harmony mengatakan Swift belajar koreografi untuk hit terbaru mereka, "Worth It," dalam 20 menit di belakang panggung sebelum mereka tampil di depan 60.000 penggemar yang berteriak-teriak di Santa Clara, California.

Para model juga telah menjadi bagian dari turnya, yang akan berakhir 12 Desember di Melbourne, Australia. Mereka termasuk Heidi Klum, Kendall Jenner, Lily Donaldson dan Andreja Pejic. Selain itu juga ada sahabat-sahabat dekat Swift, seperti Lena Dunham dan Hailee Steinfeld, yang membantu menciptakan ulang video musik "Bad Blood" yang bertabur bintang.

"Ia inspirasi besar bagi saya. Ia tahu itu. Persahabatan kami dimulai karena ia penggemar berat musik saya. Keren sekali," ujar penyanyi Ellie Goulding, yang juga tampil dalam video "Bad Blood." "Saya kira ia inspirasi untuk banyak seniman perempuan lainnya."

Goulding belum tampil bersama Swift dalam tur terbarunya ini, tapi ia siap.

Swift telah lama menjadi pendukung musisi sebayanya, dan tanggapan positif Swift dapat meluncurkan atau mendongkrak karir seseorang.

Daya bintang Ed Sheeran melesat setelah Swift menyatakan ia menyukai musiknya di media sosial, memperkenalkannya pada basis penggemar setia Swift. Ia merupakan orang yang paling banyak pengikut di Instagram dengan 46,5 juta pengikut dan memiliki 63,5 juta pengikut di Twitter. Mereka kemudian berteman dan berkolaborasi, dan ia terus menulis tentang artis-artis baru kesukaannya di Twitter, paling baru adalah penyanyi R&B berusia 19 tahun Alessia Cara.

"Luar biasa melihat sikapnya dan bagaimana ia dapat mengumpulkan semua artis baru ini yang beberapa, saya kira, merupakan pesaingnya," ujar Nicholas Petricca, vokalis Walk the Moon yang tampil dengan Swift dalam turnya membawakan lagu hit band itu "Shut Up and Dance."

"Jika mereka sukses, ia sukses. Kami sama-sama sukses," ujarnya.

XS
SM
MD
LG