Tautan-tautan Akses

Tuntutan Kenaikan Upah Menyebar ke Pertambangan Lain di Afsel


Tuntutan kenaikan upah oleh para buruh tambang di Afrika Selatan menyebar ke dua perusahaan tambang platinum lain (foto: dok).
Tuntutan kenaikan upah oleh para buruh tambang di Afrika Selatan menyebar ke dua perusahaan tambang platinum lain (foto: dok).

Tuntutan yang diajukan sebagian pekerja tambang di Rasimone dan di Thembelani tampaknya terkait dengan persaingan antara serikat pekerja.

Tuntutan kenaikan upah menyebar ke paling sedikit dua tambang platinum lain di Afrika Selatan dan menimbulkan kekhawatiran bahwa instabilitas dapat menyebar ke lebih banyak lagi tambang-tambang di negara itu yang menyediakan 75 persen pasokan global logam berharga tersebut.

Situs Internet miningweb.co.za di Afrika Selatan menyebutnya sebagai suatu hal yang berpotensi membahayakan. Pemogokan 12 hari di tambang Lonmin PLC menyebabkan polisi menewaskan 34 pekerja tambang yang mogok dan melukai 78 lainnya pekan lalu.

Jurubicara perusahaan Royal Bafokeng, Kea Kalebe, mengukuhkan bahwa sekitar 400 orang berunjukrasa hari Rabu di luar tambang platinum perusahaan itu di Rasimone.

Tuntutan yang diajukan sebagian pekerja tambang di Rasimone dan di Thembelani tampaknya terkait dengan persaingan antara serikat pekerja yang baru dibentuk dan Serikat Pekerja Tambang Nasional.

Mereka menyatakan tuduhan bahwa serikat pekerja nasional mengutamakan kepentingan politik daripada kepentingan para pekerja tambang.

Recommended

XS
SM
MD
LG