Tautan-tautan Akses

Tunisia Tutup Perlintasan Utama dengan Libya


Perempuan Libya menyeberang ke Tunisia di perbatasan Ras Ajdir antara Libya dan Tunisia.

Perempuan Libya menyeberang ke Tunisia di perbatasan Ras Ajdir antara Libya dan Tunisia.

Kantor berita resmi Tunisia mengatakan negara itu telah menutup perlintasan utamanya dengan Libya setelah ratusan warga Mesir dan Libya berusaha masuk ke Tunisia untuk melarikan diri dari kekerasan di sekitar Benghazi dan Tripoli.

Pejabat-pejabat keamanan mengatakan warga Mesir yang tidak mempunyai visa masuk ke Tunisia menerobos bagian pagar di perlintasan Ras Ajdir ketika pihak berwenang tidak mengijinkan mereka masuk.

Polisi melepas tembakan dan gas air mata ke udara untuk menghentikan kerusuhan itu.

Sebelumnya minggu ini aliansi Muslim dan Jihadis yang disebut Dewan Shura Revolusioner Benghazi merebut markas pasukan khusus Libya di Benghazi, kota di Libya timur. Ansar al-Sharia, yang disebut Amerika sebagai organisasi teroris adalah bagian dari aliansi yang bertempur itu.

Pejabat-pejabat harus menutup Bandara Tripoli setelah dua minggu pertempuran. Pihak berwenang hari Rabu mengatakan api masih berkobar dekat Bandara itu setelah sebuah roket menghantam tanki bahan bakar dan api merembet ke lokasi tanki kedua.

Pertempuran untuk menguasai Bandara telah berkobar sejak 13 Juli. Sudah puluhan orang tewas. Parlemen Libya yang baru terpilih dijadwalkan akan mengadakan rapat darurat hari Sabtu di Tobruk, Libya timur. Seorang pejabat menilai situasi di negara itu berbahaya.

XS
SM
MD
LG