Tautan-tautan Akses

Tumbuhan Gunakan Matematika Dalam Pertumbuhannya


Tumbuhan menggunakan perhitungan aritmetis untuk menjamin kecukupan makanan pada malam hari. (Foto: Ilustrasi)

Tumbuhan menggunakan perhitungan aritmetis untuk menjamin kecukupan makanan pada malam hari. (Foto: Ilustrasi)

Para ilmuwan mengatakan tumbuhan ternyata pandai matematika dan menggunakannya dalam pertumbuhannya.

Sebuah riset baru yang hasilnya diterbikan dalam jurnal eLife menunjukkan bahwa ternyata tumbuhan menggunakan perhitungan aritmetis untuk menjamin kecukupan makanan pada malam hari.

Para ilmuwan di John Innes Centre di Inggris mengatakan tumbuhan menyesuaikan tingkat konsumsi zat tepung mereka untuk mencegah kelaparan pada malam hari saat energi sinar matahari tidak tersedia untuk membantu mereka makan.

Tumbuhan bahkan mempertimbangkan kemungkinan malam jatuh lebih awal.

"Hal ini merupakan contoh nyata pertama dalam sebuah proses biologis fundamental dari perhitungan aritmetis yang canggih,” ujar pembuat model matematika Martin Howard dari John Innes Centre (JIC).

Pada malam hari, mekanisme dalam daun mengukur takaran zat tepung yang tersedia dan memperkirakan panjangnya waktu sampai fajar terbit. Informasi mengenai waktu itu datang dari jam internal, mirip dengan jam tubuh manusia.

“Kapasitas untuk melakukan perhitungan aritmetis adalah vital untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman,” ujar ahli biologi metabolis dari JIC, Alison Smith.

“Pemahaman tentang tumbuhan yang terus tumbuh dalam gelap dapat membantu mencari jalan untuk meningkatkan hasil panen.” (Reuters)
XS
SM
MD
LG