Tautan-tautan Akses

Tughra Books, Penerbit Buku-buku Islam di AS

  • Ninie G. Syarikin

Tughra Books menerbitkan buku-buku bermutu tentang kajian agama Islam (foto: ilustrasi).

Tughra Books menerbitkan buku-buku bermutu tentang kajian agama Islam (foto: ilustrasi).

Tughra Books menerbitkan buku-buku tentang agama Islam, meliputi berbagai subjek, seperti sejarah, seni, spiritualitas dan tradisi-tradisi dalam Islam.

Kota Clifton di negara bagian New Jersey, yang terletak di pantai timur Amerika, berpenduduk sekitar 84 ribu jiwa. Selain terdapat komunitas Muslimnya di situ, terdapat pula penerbit yang cukup dikenal dalam menerbitkan buku-buku Islam yang bermutu, yaitu Tughra Books.

Tughra Books menerbitkan buku-buku tentang agama Islam, meliputi berbagai subjek, seperti sejarah, seni, spiritualitas dan tradisi-tradisi dalam Islam. Berbasis di AS, Tughra Books berkantor cabang di Istanbul, Turki; Kairo, Mesir; dan di Moskow, Rusia.

Awais Chaudry, direktur pemasaran Tughra Books, mengatakan, mereka memiliki cukup banyak pembeli, yang dapat langsung datang membeli di toko buku mereka, atau membeli secara on-line.

“Koleksi buku kami cukup bervariasi, bukan saja buku-buku bacaan atau pelajaran biasa, tetapi juga ada buku-buku bergambar, misalnya, yang sangat laris.”

Buku-buku yang dijual bagus berwarna-warni, dengan ilustrasi menarik. Judul-judul yang tertera, misalnya: “Surrendering to God: Understanding Islam in the Modern World” yang berarti “Bertaqwa Kepada Allah: Memahami Islam Dalam Dunia Modern.” Judul lain: “Aisha: The Wife, the Companion, the Scholar,” yang artinya: “Aisyah: Isteri, Sahabat, dan Cendekiawan.” Juga ada buku bergambar, yang tampaknya untuk anak-anak, mengajarkan bagaimana berwudhu dan melaksanakan ibadah solat.

Direktur Awais Chaudry menambahkan satu judul yang selalu laris sepanjang tahun.
“Tentu saja, kami juga mempunyai terjemahan kitab suci Al-Qur’an yang laku keras baik selama bulan suci Ramadan maupun di luar bulan Ramadan,” katanya.

Tughra Books bukan hanya menerbitkan buku-buku agama, tetapi juga buku-buku praktikal lainnya, seperti buku cerita anak-anak, buku kumpulan hidangan masakan Turki, buku panduan wisata ke Istambul, dll. Tughra Books juga giat berpameran, misalnya ikut dalam konferensi Asosiasi Perpustakaan Amerika yang baru saja diselenggarakan di Chicago; BookExpo America dan tur buku oleh pengarang-pengarangnya.

Dalam bulan Ramadan ini, menurut Chaudry, Tughra Books menganjurkan karyawan-karyawan mereka, baik yang ada di kantor pusat di Clifton, New Jersey, maupun di kantor cabang di Orlando, Florida, agar turut aktif menjangkau dan berkiprah dengan masyarakat sekitar. Seperti mengadakan acara berbuka puasa bersama dan solat tarawieh di masjid-masjid dan pusat-pusat pertemuan masyarakat.

“Iftar diadakan setiap malam, jadi rasa kebersamaan dan persatuan benar-benar terasa, manakala sekelompok lebih dari 200 orang berpuasa dan berjuang sepanjang hari, kemudian berkumpul dan berbuka bersama.”

Tughra Books mengemban misi menyampaikan informasi yang benar tentang agama Islam kepada dunia; oleh karena itu, mereka bekerja sama pula dengan kelompok-kelompok lintas agama lainnya dalam menyebarkan perdamaian dan menjalin pengertian antar agama.
XS
SM
MD
LG