Tautan-tautan Akses

Tsunami Melemah Sebelum Sampai di Amerika Utara dan Selatan


Seorang peselancar di Fort Point dekat jembatan Golden Gate di San Francisco, Jumat (11/3), keluar dari air setelah peringatan tsunami untuk pesisir Pantai Barat AS.

Seorang peselancar di Fort Point dekat jembatan Golden Gate di San Francisco, Jumat (11/3), keluar dari air setelah peringatan tsunami untuk pesisir Pantai Barat AS.

Kerusakan lebih sedikit daripada yang dikhawatirkan semula, karena gelombang sangat besar tersebut kehilangan energinya setelah mengarungi Samudera Pasifik.

Puluhan ribu orang meninggalkan rumah-rumah mereka di sepanjang pantai Pasifik Amerika Utara dan Selatan menjelang tsunami yang dipicu oleh gempa bumi sangat kuat di lepas pantai Jepang pada hariJumat.

Tetapi, kerusakan lebih sedikit daripada yang dikhawatirkan semula setelah gelombang sangat besar tersebut kehilangan energinya selagi menempuh jarak ribuan kilometer mengarungi Samudera Pasifik.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, Jumat, Amerika Serikat terhindar dari kerusakan besar akibat tsunami. Dua negara bagian yang paling parah dilanda tsunami adalah Oregon dan California, di mana pihak berwenang menaksir lebih dari dua meter tsunami telah menyebabkan kerusakan bernilai jutaan dolar.

Seorang pria hanyut ke laut ketika mengambil foto-foto gelombang tersebut dan masih hilang dan dikhawatirkan tenggelam.

Tsunami tersebut mula-mula melanda Amerika Serikat ketika gelombang tersebut terhempas ke pantai Hawaii Jumat pagi. Penduduk dan pengunjung telah diperingatkan beberapa jam sebelum gelombang setinggi dua meter tersebut tiba.

Di Amerika Selatan, Chili, Kolombia, Peru dan Ekuador mengeluarkan peringatan dan mengungsikan penduduk dari pantai. Tetapi gelombang-gelombang tsunami yang tiba hanya sedikit lebih besar daripada gelombang biasa dan tidak banyak menyebabkan kerusakan.

XS
SM
MD
LG