Tautan-tautan Akses

Tsunami dari Gempa Bumi Kuat di Chili Capai Jepang


Peta wilayah Jepang dan lokasi Okinawa (Foto: dok).

Peta wilayah Jepang dan lokasi Okinawa (Foto: dok).

Badan Meteorologi Jepang mengatakan ombak 70 sentimeter kelihatan hari Jumat di pelabuhan Kuji di provinsi Iwate, daerah yang terkena bencana bulan Maret tahun 2011.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami sebelumnya hari Jumat untuk pantai Jepang di sisi Pasifik, dari Hokkaido di utara hingga Okinawa di Selatan.

Pejabat badan itu, Yohei Hasegawa, mengatakan ombak tersebut mencapai Jepang utara terlebih dahulu, lalu bergerak ke arah barat-daya. Ia mengatakan badan itu memperkirakan pembesaran ombak akan terus untuk sementara dan dapat sampai setinggi satu meter dan mendesak penduduk agar menjauhi pantai.

Ombak yang lebih kecil telah dideteksi di seluruh negara itu. Satu ombak sampai 40 sentimeter direkam di Erimo, pulau Hokkaido, dan satu lagi sampai 20 sentimeter di Fukushima.

Tidak ada cedera atau kerusakan dilaporkan akibat ombak tersebut, tetapi beberapa kota pantai telah mengeluarkan anjuran pengungsian sebagai langkah berjaga-jaga.

Pantai-pantai utara Jepang, terutama yang di Iwate, telah terkena tsunami yang ditimbulkan gempa-bumi dekat Chili pada waktu lalu. Tahun 1960, tsunami yang melampaui lima meter melanda daerah itu, yang menewaskan 139 orang. (gp)

XS
SM
MD
LG