Tautan-tautan Akses

Trump Tunjuk Dubes untuk China


Gubernur Iowa Terry Branstad menghadiri pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dan empat gubernur AS lainnya di Seattle, Washington, 2015. (Reuters/Matt Mills McKnight)

Gubernur Iowa Terry Branstad menghadiri pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dan empat gubernur AS lainnya di Seattle, Washington, 2015. (Reuters/Matt Mills McKnight)

Terry Branstad telah kenal dengan Presiden Xi Jinping sejak lama dan ia menganggapnya sebagai kawan lama.

Sebuah foto hitam putih dari tahun 1985 menunjukkan Xi Jinping, yang kini menjadi Presiden Cina, berdiri di samping Terry Branstad, yang waktu itu gubernur negara bagian Iowa. Foto itu dibuat ketika Xi, seorang pejabat muda dari propinsi Hebei melakukan kunjungannya yang pertama ke Amerika Serikat.

Kini, 30 tahun kemudian, Branstad telah ditunjuk untuk menjadi duta besar AS yang baru untuk Cina oleh Presiden terpilih Donald Trump. Pilihan itu segera disambut baik oleh Cina.

“Saya telah kenal dengan Presiden Xi Jinping sejak lama dan saya menganggapnya sebagai kawan lama," kata Barnstad hari Rabu (7/12) setelah menerima penunjukan oleh Trump itu.

“Saya akan berusaha untuk membangun dan memperkuat hubungan persahabatan kami yang sudah lama, untuk memperkuat dan memupuk hubungan antara kedua negara dan demi keuntungan perekonomian kita bersama,” tambahnya.

“Xi memerintah dengan gaya yang tidak formal, dan karenanya sangat sulit untuk mengetahui apa yang ada dalam pikirannya,” kata Bonnie Glaser, kepala China Power Project pada Pusat Kajian Internasional dan Strategis di Washington.

Karena itu, jika duta besar AS yang baru memiliki hubungan pribadi dengan Xi Jinping, itu akan sangat membantu,” tambahnya. [isa/sp]

XS
SM
MD
LG