Tautan-tautan Akses

Trump: Terorisme Isu Nomor Satu dalam Pertemuan NATO


Presiden A.S. Donald Trump berbicara dengan Perdana Menteri Belgia Charles Michel sebelum pertemuan di Istana Kerajaan di Brussels, 24 Mei 2017.
Presiden A.S. Donald Trump berbicara dengan Perdana Menteri Belgia Charles Michel sebelum pertemuan di Istana Kerajaan di Brussels, 24 Mei 2017.

Menjelang pertemuan pekan ini dengan para pemimpin NATO, Presiden Amerika Donald Trump menyebut terorisme sebagai masalah dunia "nomor satu", dan mengatakan bahwa kita "membuat kemajuan yang luar biasa" dalam perang melawan teror.

Presiden Trump, yang bertemu Rabu dengan Perdana Menteri Belgia Charles Michel di Brussels, mengatakan Amerika dan NATO akan menangani "berbagai masalah," tetapi Trump menunjuk pada serangan bunuh diri hari Senin di Inggris dan mengatakan bahwa terorisme berada pada urutan teratas dalam daftar.

"Kalau melihat hal seperti itu terjadi beberapa hari yang lalu, kita menyadari betapa pentingnya untuk memenangkan pertarungan ini. Dan kita akan menang, "katanya.

Presiden Trump tiba di Brussel Rabu sore setelah melakukan pembicaraan dengan Sri Paus di Vatikan, Roma. Trump mengatakan di Twitter setelah pertemuan , dia "lebih bertekad daripada sebelumnya untuk mengejar perdamaian di dunia ini."

Dalam pesawat Air Force One, dalam penerbangan dari Italia ke Belgia, Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson mengatakan, Trump akan "bersikap sangat keras" terhadap sekutu NATO pada hari Kamis dan mengatakan kepada mereka "kalian harus memastikan bahwa kalian ikut melakukan tugas bagi keamanan kalian sendiri.”

Trump ingin "mendorong anggota NATO untuk memenuhi kewajiban mereka sepenuhnya yaitu menyumbang dua persen dari GDP masing-masing, untuk mendanai NATO, yang merupakan sasaran yang telah disetujui bersama," kata Tillerson kepada wartawan.

Aliansi pertahanan diperkirakan akan menyetujui satu hal besar yang diinginkannya, yaitu komitmen untuk memerangi ISIS. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG