Tautan-tautan Akses

AS

Trump Sebut Upaya Hitung Ulang Hasil Pilpres ‘Kecurangan'


Dr. Jill Stein, ketua Partai Hijau di AS, yang menuntut penghitungan ulang hasil pemilihan presiden di Amerika.

Dr. Jill Stein, ketua Partai Hijau di AS, yang menuntut penghitungan ulang hasil pemilihan presiden di Amerika.

Tim kampanye Clinton memutuskan untuk bergabung dengan upaya penghitungan ulang setelah mereka menerima ratusan permintaan untuk melakukannya.

Presiden AS terpilih Donald Trump menyebut upaya Partai Hijau yang menyerukan penghitungan ulang di tiga negara bagian penentu atau swing states sebagai “kecurangan.” Sementara itu, tim kampanye Partai Demokrat mendukung seruan penghitungan ulang di negara bagian Wisconsin.

Trump mengatakan dalam pernyataan, “upaya Partai Hijau itu merupakan kecurangan. Mereka sudah kalah dalam pemilihan umum. Hasil pemilu seharusnya dihormati, bukan ditantang dan disalahgunakan, yang jelas-jelas dilakukan oleh pemimpin Partai Jill Stein.”

Bekas tim kampanye kandidat presiden dari partai Demokrat, Hillary Clinton, hari Sabtu (26/11) mengumumkan akan berpartisipasi dalam seruan penghitungan ulang yang digagas Partai Hijau, yang mengajukan petisi penghitungan ulang di Wisconsin hari Jumat.

Pengacara kampanye pemilu Clinton Marc Elias mengatakan dalam tulisan di Medium.com hari Sabtu bahwa keputusan untuk bergabung dengan upaya penghitungan ulang di Wisconsin itu diambil setelah kampanye Clinton menerima ratusan permintaan untuk melakukannya.

Elias menyatakan bahwa permintaan-permintaan itu memicu kampanye untuk memulai investigasi diam-diam mengenai apakah ada “campur tangan pihak luar” dalam hasil pemilihan presiden 8 November.

Ada kekhawatiran bahwa para peretas Rusia mungkin berupaya mempengaruhi pemilu, apalagi setelah mereka berhasil meretas jaringan komputer Komite Nasional Demokratik dan berupaya meretas basis data pendaftaran pemilih. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG