Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pilih Calon Dubes Amerika untuk PBB


Gubernur negara bagian South Carolina, Amerika Serikat, Nikki Haley (Foto: dok).

Gubernur negara bagian South Carolina, Amerika Serikat, Nikki Haley (Foto: dok).

Gubernur South Carolina, Amerika Serikat, Nikki Haley diperkirakan akan ditunjuk hari Rabu sebagai pilihan presiden terpilih Amerika Donald Trump sebagai Duta Besar Amerika untuk PBB.

Putri imigran India yang berusia 44 tahun itu sedang memegang masa jabatan kedua sebagai gubernur, tetapi tidak mempunyai pengalaman politik luar negeri. Dia akan menjadi pilihan pertama Trump yang bukan pria kulit putih untuk kabinet.

Haley tidak mendukung Trump dalam proses berbulan-bulan yang berakhir dengan Trump sebagai calon presiden dari partai Republik. Dia semula mendukung Senator Florida, Marco Rubio, dan ketika Rubio mengundurkan diri sebagai kontestan, Haley beralih mendukung Senator Texas Ted Cruz.

Tidak lama sebelum pemilihan presiden tanggal 8 November, dia mengatakan bahwa dia tidak menyukai pilihan yang ada untuk Gedung Putih ketika masa jabatan Presiden Barack Obama berakhir bulan Januari, tetapi dia akan memilih Trump.

Dia mengecam gagasan Trump melarang Muslim memasuki Amerika Serikat dan menggunakan panggung nasional memberi tanggapan Partai Republik untuk pidato kenegaraan terakhir Obama untuk mengeritik gaya Trump dengan mengatakan, “sebagian orang mengira bahwa kita harus mengeluarkan suara yang paling keras dalam ruangan untuk mendapat perhatian.” [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG