Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pilih Pendukung Sekolah Pilihan sebagai Menteri Pendidikan


Betsy DeVos (kiri) bersama Presiden-terpilih AS Donald Trump dan Wapres terpilih Mike Pence (foto: dok).

Betsy DeVos (kiri) bersama Presiden-terpilih AS Donald Trump dan Wapres terpilih Mike Pence (foto: dok).

Presiden terpilih Donald Trump hari Rabu (23/11) mengumumkan penunjukan dermawan dan pendukung sekolah swasta Betsy DeVos sebagai menteri pendidikan.

“Betsy DeVos adalah seorang pendukung pendidikan yang brilian dan berkeyakinan kuat,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

“Di bawah kepemimpinannya kita akan mereformasi sistem pendidikan Amerika dan mematahkan birokrasi yang menghambat anak-anak kita sehingga kita bisa menyediakan pendidikan kelas dunia dan pilihan sekolah bagi semua keluarga.”

DeVos usia 58 tahun adalah seorang miliarder dermawan dari Michigan yang mengetuai Federasi Anak-Anak Amerika sebuah organisasi yang menganjurkan perluasan program voucher sekolah.

Penunjukannya masih harus dikonfirmasi lewat pemungutan suara Senat Amerika.

DeVos, dalam sebuah pernyataan, berharap untuk mengubah sistem pendidikan Amerika dan siap membantu Trump “membuat pendidikan Amerika jaya kembali”.

“Tidak melakukan apa-apa dalam pendidikan tidak bisa diterima. Bersama-sama kita akan melakukan perubahan untuk memastikan setiap siswa di Amerika berkesempatan untuk mencapai potensi tertingginya,” kata DeVos.

DeVos adalah anggota aktif Partai Republik di Michigan selama lebih dari tiga dekade dan menjadi ketuanya dari tahun 1996 sampai 2000. Suaminya, Dick mencalonkan diri sebagai calon Partai Republik untuk menjadi gubernur Michigan tahun 2000, tapi dikalahkan calon Partai demokrat Jennifer Granholm.

Ia dikenal sebagai pengecam serikat guru, yang disebutnya sebagai “lawan kuat” ketika berbicara dalam sebuah forum mengenai pilihan sekolah dalam Konvensi Nasional Partai Republik.

Seperti anggota lainnya pada pemerintahan baru Trump, DeVos tidak pernah secara terbuka mendukung Trump selama kampanye, meskipun sekutu-sekutu dekat DeVos menyumbang 245.500 dolar kepada Dana Kemenangan Trump, komite penggalangan dana gabungan yang dibentuk Trump dan Komite Nasional Partai Republik. [my/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG