Tautan-tautan Akses

AS

Trump Pertimbangkan Pangkas Anggaran Keamanan untuk Biayai Tembok Perbatasan


Perbatasan antara kota San Diego, AS dan kota Tijuana, Meksiko (foto: dok). Pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko menjadi prioritas Presiden Donald Trump.

Presiden Amerika Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk memangkas dana bagi Penjaga Pantai, badan penanggulangan bencana alam dan cabang keamanan bandara Amerika, agar mendapat dana untuk mulai membangun tembok di sepanjang perbatasan Amerika-Meksiko dan memberantas imigrasi gelap.

Trump berjanji selama kampanye pemilihan presiden untuk membangun tembok sepanjang 3.200 kilometer untuk mencegah imigran dari Meksiko dan Amerika Tengah masuk ke Amerika.

Tapi sekarang Trump harus menggalang dana untuk membiayai proyek besar itu. Ia memperkirakan tembok itu akan menelan biaya 12 miliar dolar meskipun Badan Keamanan Dalam Negeri mengatakan biayanya bisa mencapai 21,6 miliar dolar.

Meskipun Trump belum mengajukan proposal anggaran belanja pemerintah kepada Kongres, rancangan mengenai prioritas anggarannya terkait tembok itu diedarkan di antara pejabat di Washington untuk mendapat komentar mereka, dan tentangan keras diperkirakan akan datang dari instansi-instansi yang menjadi sasaran pemangkasan anggaran. [my/ds]

XS
SM
MD
LG