Tautan-tautan Akses

AS

Trump Mulai Galang Dana untuk Pemilu


Kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump menyapa para pendukungnya di New York (3/5). (AP/Mary Altaffer)

Kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump menyapa para pendukungnya di New York (3/5). (AP/Mary Altaffer)

Trump sering membanggakan diri bahwa dia satu-satunya kandidat yang mendanai kampanyenya sendiri, meskipun itu klaim yang dibesar-besarkan karena dia juga menerima sumbangan.

Setelah mendanai sendiri kampanyenya untuk nominasi kandidat presiden Partai Republik, milyarder Donald Trump memulai upaya menggalang dana untuk kampanyenya melawan kandidat Demokrat, mantan menteri luar negeri Hillary Clinton.

Trump mengatakan, dia telah menyumbang sekitar US$44 juta dalam kampanyenya memperebutkan nominasi Republik, dan mengumpulkan sumbangan $12 juta dari pendukungnya.

Tetapi hari Kamis (5/5), dia menunjuk kepala keuangan kampanyenya, Steven Mnuchin, seorang eksekutif dari bisnis investasi swasta, untuk memimpin upaya penggalangan dana bagi kampanye yang membutuhkan sekitar satu milyar dolar.

Trump seringkali membanggakan diri di hadapan pendukungnya bahwa dia satu-satunya kandidat presiden 2016 yang mendanai kampanyenya sendiri, meskipun itu merupakan klaim yang dibesar-besarkan karena dia juga menerima sumbangan dari pendukungnya.

Dua mantan presiden dari partai Republik, Presiden George H.W. Bush, dan putranya, Presiden George W. Bush, mengatakan mereka tidak akan memilih dalam pemilihan presiden kali ini, malahan tidak mau memberi komentar apa-apa.

Dua kandidat partai sebelumnya, Senator John McCain dari Arizona dan Gubernur Massachussetts Mitt Romney, kedua-duanya mengatakan, seperti keluarga Bush, mereka juga merencanakan tidak menghadiri konvensi nasional Juli mendatang, dimana Trump secara resmi dinominasikan. [jm]

XS
SM
MD
LG