Tautan-tautan Akses

Trump, Merkel Akan Bertemu di Gedung Putih


Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Amerika Donald Trump akan bertemu di Gedung Putih, Washington DC, hari ini, Jumat, 17 Maret 2017 (Foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Amerika Donald Trump akan bertemu di Gedung Putih, Washington DC, hari ini, Jumat, 17 Maret 2017 (Foto: dok).

Kanselir Jerman dan presiden AS akan bertemu di Gedung Putih, Jumat (17/3).
Angela Merkel dan Donald Trump awalnya dijadwalkan bertemu Selasa lalu, namun badai salju di pantai timur AS memicu dua pemimpin dunia itu menunda pertemuan mereka.

Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama antara kedua kepala negara itu sejak kemenangan tak terduga Trump dalam pemilihan presiden bulan November.

Pada masa kampanye, Trump mengatakan tindakan Merkel untuk menerima pengungsi adalah "kesalahan fatal" dan dia menuduh Merkel "merusak Jerman."

Trump juga menyerukan agar negara-negara NATO membayar lebih banyak untuk kebutuhan pertahanan mereka.

Merkel, yang memiliki pengaruh signifikan di Eropa, telah mengecam larangan perjalanan yang dikeluarkan Trump bagi pengungsi dan imigrasi. Larangan sementara ini telah diblokir oleh beberapa pengadilan AS.

Para analis politik mengatakan dalam pertemuan di Gedung Putih itu Trump kemungkinan akan meminta saran dari Merkel mengenai cara terbaik untuk menghadapi Presiden Rusia Vladimir Putin. Merkel sudah banyak berurusan dengan pemimpin Rusia yang kontroversial tetapi dipuji Trump ini. Sikap Trump ini telah menimbulkan kekhawatiran anggota parlemen dari Partai Republik dan Demokrat AS. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG