Tautan-tautan Akses

AS

Trump Menang di Nevada; Rubio dan Cruz Perebutkan Tempat Kedua


Tiga kandidat Capres AS dari partai Republik, dari kiri: Marco Rubio, Donald Trump dan Ted Cruz (foto: dok).

Tiga kandidat Capres AS dari partai Republik, dari kiri: Marco Rubio, Donald Trump dan Ted Cruz (foto: dok).

Bilyuner Donald Trump Selasa malam (23/2) memenangkan kaukus di negara bagian Nevada.

Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiga berturut-turut bagi Donald Trump, setelah meraih suara terbesar dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire dan South Carolina awal Februari ini.

Dengan semangat berapi-api yang menjadi ciri khasnya, dalam pidato kemenangannya pengusaha real-estate raksasa itu mengatakan kepada kerumunan pendukungnya bahwa meskipun beberapa pakar memperkirakan ia tidak akan memenangkan pertarungan ini, terbukti ia kini “memenangkan Amerika.”

Senator Florida Marco Rubio dan Senator Texas Ted Cruz masih bersaing sengit memperebutkan tempat kedua di Nevada, yang hingga kini masih terus menghitung hasil kaukus.

Cruz – yang memenangkan kontes nominasi pertama di negara bagian Iowa – mengatakan kepada para pendukungnya bahwa ia adalah satu-satunya kandidat yang bisa dan akan mengalahkan Trump.

Menjelang kaukus di Nevada, Cruz menghadapi minggu yang sulit setelah kehilangan suara kelompok Evangelis yang direbut Trump di South Carolina dan menghadapi tuduhan bahwa tim kampanyenya memainkan strategi kotor terhadap para pesaingnya.

Cruz memecat manajer komunikasi kampanyenya karena salah memasang pernyataan di media sosial yang menuding Marco Rubio mengolok-olok kitab suci Injil.

Pensiunan pakar bedah Ben Carson dan Gubernur Ohio John Kasich jauh tertinggal dalam kaukus di Nevada, sebagaimana yang diperkirakan sebelum kaukus itu.

Kemenangan Trump di Nevada mendorong momentumnya menuju ke putaran kampanye “Super Tuesday”, ketika lebih dari sepuluh negara bagian akan melangsungkan pemilihan pendahuluan pada hari yang sama. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG