Tautan-tautan Akses

Trump Menang di 3 Negara Bagian, Rubio Mundur


Kandidat Capres AS Donald Trump (Partai Republik) dan Hillary Clinton (Demokrat) dalam kampanye di West Palm Beach, Florida (15/3).

Kandidat Capres AS Donald Trump (Partai Republik) dan Hillary Clinton (Demokrat) dalam kampanye di West Palm Beach, Florida (15/3).

Satu-satunya negara bagian di mana Trump mengalami kekalahan pada hari Selasa (15/3) adalah Ohio, di mana Gubernur John Kasich meraih kemenangan pertama yang sangat dibutuhkan di kampung halamannya sendirii.

Calon presiden terdepan dari Partai Republik Donald Trump memenangkan tiga pemilihan pendahuluan, Selasa (15/3), termasuk di negara bagian penting Florida. Kemenangan Trump ini memaksa Senator Florida Marco Rubio mundur dari persaingan dan memperlebar keunggulannya dalam perolehan delegasi atas senator Texas Ted Cruz.

Satu-satunya negara bagian di mana Trump mengalami kekalahan pada hari Selasa (15/3) adalah Ohio, di mana Gubernur John Kasich meraih kemenangan pertama yang sangat dibutuhkan di kampung halamannya sendiri, dan pemenangnya merebut semua delegasi.

Milyader pengusaha Trump, yang unggul 19 persen di Florida, meraih kemenangan tipis di North Carolina dan Illinois sehingga memungkinkan Cruz memperoleh sejumlah delegasi pada hari itu. Trump dan Cruz juga bersaing ketat di Missouri, namun hingga saat ini hasilnya belum bisa dipastikan.

Berusaha menggambarkan persaingan saat ini hanya antara dua kandidat, Cruz mengatakan, kini saatnya para pendukung Partai Republik bersatu. Ia berusaha merangkul para pendukung Rubio dan mengatakan bahwa Amerika telah memiliki pilihan yang jelas mengenai siapa yang akan maju sebagai calon presiden.

Trump juga mengatakan, kini saatnya Partai Republik bersatu, dan bersumpah bahwa ia tidak akan berhenti berusaha sampai ia berhasil mendapat dukungan negara.

Di kubu Partai Demokrat, di mana persaingan tidak sesengit di Partai Republik, mantan menteri luar negeri Hillary Clinton meraih empat kemenangan di empat negara bagian pada pemilihan pendahuluan hari Selasa (15/3). Kemenangannya di Florida, Illinois, North Carolina dan Ohio mempertajam keunggulannya dalam perolehan delegasi atas Senator Bernie Sanders. Hasil pemilihan pendahuluan di Missouri masih belum bisa dipastikan karena perolehan suara yang hampir sebanding. [ab/as]

XS
SM
MD
LG