Tautan-tautan Akses

Trump Makin Unggul, Clinton Terhambat di Michigan


Kandidat Capres partai Demokrat, Senator Bernie Sanders (kiri) dan mantan Menlu Hillary Clinton dalam acara debat di Miami, Florida, Rabu (9/3).

Kandidat Capres partai Demokrat, Senator Bernie Sanders (kiri) dan mantan Menlu Hillary Clinton dalam acara debat di Miami, Florida, Rabu (9/3).

Hillary Clinton menang mudah pada pemilihan pendahuluan di negara bagian Mississippi, namun kalah tipis dari Bernie Sanders di negara bagian Michigan.

Senator dari Vermont, Bernie Sanders meraih kemenangan mengejutkan pada pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, Selasa lalu di negara bagian Michigan sementara Donald Trump dari Partai Republik makin unggul dengan kemenangan di Michigan, Missisipi dan Hawaii.

Banyak jajak pendapat menunjukkan mantan Menlu Hillary Clinton sangat difavoritkan untuk menang di negara bagian Michigan, tetapi Sanders yang justru unggul dengan 50% suara. Ia mendapat dukungan dari kelas pekerja di negara bagian itu, karena pesannya menentang kesepakatan perdagangan bebas internasional yang oleh banyak kalangan dituduh menyebabkan hilangnya pekerjaan manufaktur di Michigan dan di bagian lain Amerika.

Clinton menang mudah pada pemilihan pendahuluan lainnya yang diadakan di negara bagian Mississippi. Ketika suara masih dihitung di Michigan, ia berkampanye di negara bagian Ohio negara bagian manufaktur penting lainnya.

"Amerika milik kita semua. Bukan hanya (milik) mereka yang sudah sukses. Saya ingin menjadi presiden bukan hanya bagi mereka yang sudah sukses. Mereka tidak membutuhkan saya. Saya ingin menjadi presiden bagi orang-orang yang berjuang dan bekerja keras yang punya impian dan mencari cara untuk meraih impian tersebut," papar Clinton.

Di kubu Partai Republik, Trump miliarder real estate menyombongkan kemampuannya mengatasi serangan-serangan mengenai pribadinya oleh tokoh-tokoh Partai Republik termasuk Mitt Romney, calon presiden partai itu tahun 2012.

"Saya bisa bersikap seperti presiden lebih baik dari siapapun kalau saya mau. Ketika saya diserang 16 orang dari berbagai sisi, kita tidak perlu bersikap terlalu presidensial. Kita harus menang dan melawan mereka kembali. Tapi sudah saya katakan berulang kali, saya bisa bersikap lebih baik dari siapapun selain Abe Lincoln. Ia sangat presidensial," kata Trump.

Para pemimpin Partai Republik melakukan upaya gencar untuk menghentikan Trump dengan mengatakan ia sangat tidak terduga dan bisa kalah bulan November mendatang kalau Clinton menjadi calon Partai Demokrat. Beberapa organisasi anti Trump juga mengeluarkan jutaan dolar untuk iklan minggu depan terutama di Florida dan Illinois.

Saingan terdekat Trump, Senator dari Texas, Ted Cruz berada di urutan kedua dalam hal perolehan delegasi Partai Republik dan mendapat lebih banyak lagi dengan kemenangan hari Selasa di negara bagian Idaho.

Perolehan delegasi sangat menentikan dalam persaingan-persaingan ini dimana para kandidat berusaha untuk meraih suara mayoritas yang mereka butuhkan untuk memenangkan pencalonan Partai. Clinton sebelumnya unggul jauh menjelang Selasa dan meskipun kalah di Michigan ia mendapat jumlah delegasi negara bagian hampir sama dengan Sanders. [my/ii]

XS
SM
MD
LG