Tautan-tautan Akses

Trump Kumpulkan $5,6 Juta untuk Kelompok Veteran AS


Calon presiden Partai Republik Donald Trump mengumumkan hasil pengumpulan dana untuk veteran, di New York, Selasa (31/5).

Calon presiden Partai Republik Donald Trump mengumumkan hasil pengumpulan dana untuk veteran, di New York, Selasa (31/5).

Calon presiden Partai Republik Donald Trump mengatakan, sumbangan bernilai 5,6 juta dolar itu bisa bertambah dan “tidak satu dolarpun ” diambil sebagai biaya administratif.

Donald Trump – yang bisa dipastikan akan menjadi calon presiden Partai Republik – hari Selasa (31/5) mengatakan telah mengumpulkan 5,6 juta dolar bagi kelompok-kelompok veteran militer seperti yang dijanjikannya, dan mengecam media yang mempertanyakan apakah ia pernah benar-benar memberi sumbangan.

Di gedung pencakar langit miliknya “Trump Tower” di New York, Trump mengatakan sumbangan – yang termasuk satu juta dolar darinya – telah dikirim ke lebih dari 40 kelompok swasta yang membantu veteran militer Amerika, termasuk banyak yang kembali dari medan tempur di Timur Tengah.

Bilyuner real-estat itu mengatakan sumbangan bernilai 5,6 juta dolar itu bisa bertambah dan “tidak satu dolarpun ” diambil sebagai biaya administratif untuk memeriksa dokumen-dokumen mereka yang mendapat sumbangan tersebut. Trump menambahkan sumbangan itu berkisar antara 25.000 hingga 1,1 juta dolar, di mana sumbangan terbesar itu mencakup sumbangan darinya.

Trump yang jengkel berulangkali memarahi wartawan yang selama beberapa bulan mempertanyakan sumbangan yang dikumpulkannya dan kepada siapa sumbangan tersebut diberikan. Panitia kampanye Trump telah memberi jawaban yang saling bertolakbelakang dalam beberapa pekan terakhir ini.

Trump mengadakan acara pengumpulan dana bulan Januari lalu daripada menghadiri debat politik Partai Republik di negara bagian Iowa, karena perselisihan tentang siapa yang akan menjadi moderator debat yang dilangsungkan oleh jaringan televisi Fox News itu. Ketika itu Trump mengatakan telah mengumpulkan sumbangan enam juta dolar bagi kelompok-kelompok veteran.

“Press seharusnya malu”, ujar Trump. “Kalian membuat saya terlihat buruk. Saya kira dalam banyak hal, media terdiri dari orang-orang yang tidak terlalu baik. Saya tidak ingin dipuji karena sumbangan itu, tetapi saya juga tidak suka dicerca.” [em/ii]

XS
SM
MD
LG