Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Rencana Toyota Jual Mobil Buatan Meksiko di AS


Logo Toyota.

Logo Toyota.

Baik GM maupun Toyota bisa membuat mobil dengan tenaga kerja murah di Meksiko dan mengangkut mobil-mobil itu ke dealer di AS.

Presiden AS terpilih Donald Trump kini menyerang perusahaan otomotif Toyota dari Jepang, produsen mobil terbesar di dunia, karena berencana memproduksi mobil Corolla di Meksiko dan menjual mobil kecil ini di Amerika Serikat.

“TIDAK BISA!” tulis Trump di cuitan Twitter Kamis (5/1). “Bangun pabrik di Amerika atau bayar pajak yang besar.”

Serangan Trump terhadap Toyota muncul dua hari setelah dia mengkritik General Motors atas rencananya merakit mobil Cruze di Meksiko dan menjualnya di AS. Baik GM maupun Toyota bisa membuat mobil dengan tenaga kerja murah di Meksiko dan mengangkut mobil-mobil itu ke dealer di Amerika.

Trump yang akan memangku jabatan presiden dalam kurun 15 hari lagi, menyerang persetujuan perdagangan Amerika selama kampanye kepresidenannya, termasuk Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara yang disepakati AS dengan Meksiko dan Kanada. Kata Trump, persetujuan perdagangan telah menyebabkan pekerja Amerika kehilangan lapangan pekerjaan.

Presiden terpilih ini bertekad memberlakukan tarif sebesar 35 persen untuk produk-produk yang dibuat perusahaan Amerika di luar negeri dan mengirimnya kembali ke Amerika untuk dijual kepada konsumen Amerika. Tetapi dia akan membutuhkan persetujuan Kongres dan terancam perang dagang dengan negara-negara lain jika memberlakukan pajak besar dan mengakibatkan biaya untuk konsumen Amerika juga akan menjadi lebih mahal. [jm]

XS
SM
MD
LG