Tautan-tautan Akses

AS

Trump Katakan Bisnisnya akan Dikelola Anak-anaknya


Donald Trump (kiri) dan kedua anaknya: Donald Trump, Jr. dan Eric Trump usai acara Debat Presiden pada 9 Oktober lalu (foto: dok).

Donald Trump (kiri) dan kedua anaknya: Donald Trump, Jr. dan Eric Trump usai acara Debat Presiden pada 9 Oktober lalu (foto: dok).

Donald Trump menulis di akun Twitternya bahwa sebelum hari pelantikannya, ia akan meninggalkan bisnisnya untuk dikelola oleh putranya, Don dan Eric, serta eksekutif lainnya.

Presiden terpilih Donald Trump mengatakan dia akan berbicara kepada pers “dalam waktu dekat” tentang penunjukan anggota Kabinet, dan bisnis yang ditinggalkannya di tangan anak-anaknya.

Pengumuman Senin (12/12) sore lewat Twitter itu dilakukan beberapa hari sebelum pengumuman yang ditunda tentang bagaimana ia akan memisahkan diri dari bisnisnya dengan kepentingan global untuk lebih fokus pada peran kepresidenannya dan menghindari konflik kepentingan. Seorang pembantu Trump hari Senin mengatakan rinciannya akan diberikan pada bulan Januari.

Trump menulis bahwa sebelum 20 Januari – hari pelantikannya – ia akan meninggalkan bisnisnya untuk dikelola oleh putranya, Don dan Eric, serta eksekutif lainnya. Lebih lanjut diaberjanji “tidak akan ada kesepakatan baru” selama ia menjabat sebagai presiden Amerika.

Yang belum jelas adalah sejauh mana Trump akan menyingkir dari perusahaannya atau tindakan bisnis seperti apa yang akan termasuk dalam “ketiadaan kesepakatan baru” yang dinyatakannya. Para ahli hukum mengatakan satu-satunya cara bagi presiden terpilih untuk sepenuhnya menghindari konflik kepentingan adalah menjual kepemilikan perusahaan globalnya.

Trump terus melakukan proses untuk mengisi kabinetnya, kali ini dengan CEO ExxonMobil Rex Tillerson yang dinominasikan sebagai menteri luar negeri pada Selasa pagi. Beberapa kantor berita, yang mengutip pejabat tim transisi, juga mengatakan mantan Gubernur Texas Rick Perry akan dipilih untuk memimpin Departemen Energi. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG