Tautan-tautan Akses

Trump Ingin Koalisi Lebih Luas untuk Mendukungnya


Kandidat Presiden AS Donald Trump berkampanye di Appleton, Wisconsin

Kandidat Presiden AS Donald Trump berkampanye di Appleton, Wisconsin

Tidak ada yang lebih aktif dibanding Donald Trump yang baru saja menghadapi pekan yang menegangkan melawan Senator Texas Ted Cruz. Trump mengatakan ingin mengajak kelompok independen dan Demokrat untuk mendukung pencalonannya, meskipun “saat ini saya tetap pada Partai Republik”.

Kandidat calon presiden unggulan Partai Republik – Donald Trump – hari Sabtu (2/4) mengatakan ingin mengajak kelompok independen dan Demokrat untuk mendukung pencalonannya, meskipun “saat ini saya tetap pada Partai Republik”.

Para kandidat calon presiden kedua partai sama-sama meningkatkan pengaruh menjelang pemilihan pendahuluan di negara bagian Wisconsin hari Selasa (5/4). Tetapi tidak ada yang lebih aktif dibanding Donald Trump yang baru saja menghadapi pekan yang menegangkan dan pertarungan sengit melawan Senator Texas Ted Cruz.

Pertarungan memperebutkan nominasi calon presiden Partai Republik dibayang-bayangi oleh upaya gigih para pesaing Trump – baik selama kampanye maupun di dalam partai – yang tetap menghendaki adanya pemilihan dalam konvensi partai Juli mendatang, dan sekaligus menguji apakah Trump setia pada Partai Republik atau memilih untuk bertarung sebagai calon kelompok independen jika ia merasa diperlakukan tidak adil.

Associated Press melaporkan, ketika berada di Racine – salah satu dari tiga kampanye yang dilakukannya hari Sabtu – Trump hanya sedikit berbicara tentang kesetiaannya pada Partai Republik. Ia malah menyampaikan kritik bahwa Partai Republik “tertidur dengan reputasinya sendiri” hingga kampanye-kampanye yang dilakukannya menarik perhatian jutaan pemilih baru ke pemilihan pendahuluan dan kaukus. [em]

XS
SM
MD
LG