Tautan-tautan Akses

Trump, Clinton Unggul dalam Survei Terbaru Pilpres AS


Bakal Capres AS Hillary Clinton dan Donald Trump masih memimpin dalam survei terbaru CBS (foto: dok).

Bakal Capres AS Hillary Clinton dan Donald Trump masih memimpin dalam survei terbaru CBS (foto: dok).

CBS hari Minggu (11/10) mengatakan survei terbaru menunjukkan Trump mendapat 27% dukungan dari pemilih Partai Republik, sementara Hillary Clinton mendapat 46% dukungan pemilih Demokrat.

Survei terbaru CBS News menunjukkan bilyuner real-estat Donald Trump masih terus memimpin dibanding kandidat calon presiden lain, sementara mantan menteri luar negeri Hillary Clinton mulai unggul dalam pertarungan untuk meraih nominasi calon presiden Partai Demokrat.

CBS hari Minggu (11/10) mengatakan survei atas lebih dari 1.200 pemilih dalam beberapa hari ini menunjukkan Trump mendapat 27% dukungan dari pemilih Partai Republik, disusul tokoh politik baru, bekas dokter bedah syaraf Ben Carson dengan 21%.

Tidak seorang pun dari 12 kandidat Partai Republik – termasuk senator dan gubernur yang kini menjabat dan pernah menjabat – yang mendapat dukungan lebih dari 10 persen. Senator Texas Ted Cruz meraih posisi ketiga dengan 9%, disusul Senator Florida Marco Rubio 8%.

Trump yang flamboyan itu telah menarik dukungan dari para pemilih Partai Republik yang marah pada Washington – dan menyebut pesaingnya dari Partai Demokrat sebagai pecundang dan orang yang lemah – dan mendesak deportasi atas 11 juta imigran yang tinggal secara ilegal di Amerika.

Trump hari Minggu bicara tentang pengawasan senjata terkait penembakan massal di sebuah kampus di Oregon yang menewaskan sembilan orang lebih dari satu minggu lalu. Dalam program “Face the Nation” CBS, Trump mengatakan jika ada orang lain yang membawa senjata ke kampus pasti “hasilnya akan jauh lebih baik.” Ini dengan asumsi orang itu tahu bagaimana menggunakan senjata. Kita akan berada dalam kondisi lebih baik ketika orang gila tersebut masuk ke dalam kelas dan mulai menembaki orang-orang”.

Sebagaimana 12 juta warga Amerika lainnya, Trump menambahkan, ia memiliki ijin senjata api dan ia “kadang-kadang” membawa senjata api. “Saya merasa jauh lebih baik jika membawa senjata. Saya suka menjaga diri saya sendiri”, ujar Trump.

Survei politik jaringan televisi CBS itu juga menunjukkan Hillary Clinton mendapat 46% dukungan pemilih Partai Demokrat, disusul tokoh sosialis-independen yang sekaligus Senator Vermont – Bernie Sanders dengan 27% dan Wakil Presiden Joe Biden – yang kini mempertimbangkan untuk ikut bertarung dalam saat-saat terakhir pemilu presiden – dengan 16%.

Clinton, Sanders dan tiga tokoh Partai Demokrat – tetapi bukan Biden – dijadwalkan melangsungkan debat pertama mereka hari Selasa (13/10). Ke-13 kandidat Partai Republik telah melakukan dua debat. Acara pertama Partai Republik dan Demokrat untuk menentukan siapa yang akan dinominasikan secara resmi sebagai calon presiden dalam pemilu tahun 2016, dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Februari. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG