Tautan-tautan Akses

Survei: Trump, Carson Pimpin Kandidat Capres Partai Republik


Bakal Capres Partai Republik Ben Carson (kiri) berbicara dengan Donald Trump di sela debat capres 16 September lalu (foto: dok).

Bakal Capres Partai Republik Ben Carson (kiri) berbicara dengan Donald Trump di sela debat capres 16 September lalu (foto: dok).

Di pihak Partai Demokrat, jajak pendapat NBC News-Wall Street menunjukkan Hillary Clinton terus kehilangan popularitas dibanding Bernie Sanders.

Jajak pendapat terbaru tentang kandidat Partai Republik yang bertarung memperebutkan nominasi partai untuk menjadi calon presiden, menunjukkan bahwa Donald Trump dan Ben Carson jauh memimpin, sementara mantan eksekutif perusahaan teknologi Hewlett-Packard Carly Fiorina berada di tempat ketiga bersama Senator Florida Marco Rubio.

Di pihak Partai Demokrat, jajak pendapat NBC News-Wall Street menunjukkan Hillary Clinton terus kehilangan popularitas dibanding Bernie Sanders, di mana dukungan belasan point yang diperoleh sebelumnya kini turun menjadi tujuh point.

Jajak pendapat itu menunjukkan bilyuner real-estat Donald Trump meraih 21-22% suara dibanding Ben Carson. Dalam jajak pendapat yang sama Juli lalu, Trump memimpin dengan 19% dibanding Carson dengan 10%.

Sementara Fiorina dan Rubio berada di tempat ketiga dengan 11%, disusul Jeb Bush dengan 7%, John Kasich dengan 6% dan Ted Cruz dengan 5%.

Secara terpisah, kelompok lobby Kristen “Family Research Council Action” mengatakan para peserta “Values Voter Summit” pekan lalu menunjukkan dukungan kuat bagi Ted Cruz, senator sayap kanan Texas yang kerap bersuara keras bagi gerakan Tea Party. Dalam pernyataannya, kelompok itu mengatakan Cruz memperoleh 35% dukungan suara, sementara Ben Carson meraih 18%, disusul Mike Huckabee dengan 14%.

Kemungkinan Huckabee menjadi pasangan wakil presiden bagi Donald Trump dalam pemilu presiden nanti mendapat dukungan 5% suara. [em]

XS
SM
MD
LG