Tautan-tautan Akses

Trump Bertemu Obama di Gedung Putih sebagai Presiden Terpilih


Presiden AS Barack Obama (kanan) menerima Donald Trump di Gedung Putih, Kamis (10/11).

Presiden AS Barack Obama mengatakan telah melakukan pembicaraan yang “baik” mengenai berbagai isu dengan Donald Trump dalam kunjungan pertama Trump sebagai presiden terpilih ke Gedung Putih.

Berbicara di Kantor Oval, Presiden AS Barack Obama menekankan bahwa prioritas pertamanya adalah memfasilitasi transisi kekuasaan yang lancar. Sementara Presiden terpilih Donald Trump mengatakan ingin bekerja sama dengan Obama di masa depan, dan menyebut hal itu sebagai “kehormatan besar.”

“Transisi kekuasaan yang damai adalah prinsip dasar demokrasi kita,” kata Gedung Putih menjelang pertemuan mereka di Kantor Oval. Ibu negara Michelle Obama bertemu secara tertutup dengan istri Trump, Melania, mengenai kehidupan di istana eksekutif itu.

Gedung Putih mengatakan mengatakan jauh sebelum kemenangan mengejutkan Trump atas Hillary Clinton, Obama memerintahkan para pejabatnya tahun lalu “untuk memastikan agar transisi yang lancar antara pejabat pemerintah menjadi prioritas utama” pada tahun terakhirnya menjabat.

Dikatakan, para pejabat Obama akan menjamin agar Trump dan para pejabatnya yang belum ditunjuk “siap sejak hari pertama untuk melindungi keamanan nasional kita.”

Para pejabat intelijen dan pertahanan mulai memberikan briefing harian kepada Trump mengenai ancaman terhadap keamanan negara dan operasi militer di luar negeri. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG