Tautan-tautan Akses

Trump Bertemu dengan Sejumlah Pejabat


Presiden terpilih Donald Trump dan Mitt Romney berjabat tangan ketika Romney meninggalkan lapangan golf Trump di Bedminster, New Jersey, 19 November 2016.

Presiden terpilih Donald Trump dan Mitt Romney berjabat tangan ketika Romney meninggalkan lapangan golf Trump di Bedminster, New Jersey, 19 November 2016.

Mitt Romney, salah seorang tokoh partai Republik yang mengecam keras Donald Trump pada awal kampanye politik Amerika, termasuk di antara sejumlah pejabat yang bertemu dengan presiden terpilih itu hari Sabtu (19/11). Trump sedang berupaya mengisi posisi-posisi kunci dalam pemerintahannya.

Tamu lain yang menemui Trump di lapangan golf Trump di Bedminster, New Jersey, itu antara lain adalah aktivis pendidikan Michelle Rhee dan Betsy DeVos, serta jenderal purnawirawan James Mattis, yang termasuk salah seorang yang dipertimbangkan akan memimpin Pentagon.

Trump menunjukkan acungan jempolnya kepada para wartawan di luar Trump National Golf Club, dan mengatakan pertemuan itu berlangsung baik sewaktu ia dan Romney keluar tempat tersebut.

Romney, yang pernah menyebut Trump semasa kampanyenya sebagai seorang yang “tidak jujur” dan “penipu”, mengatakan kepada wartawan bahwa ia dan Trump telah mengadakan “diskusi yang sangat menyeluruh dan mendalam” mengenai berbagai isu dunia.

Romney, kandidat Republik yang kalah dari Presiden Barack Obama pada tahun 2012, belakangan ini disebut-sebut sebagai salah seorang tokoh yang dipertimbangkan Trump sebagai menteri luar negeri. Belum ada indikasi mengenai siapa yang akan mengisi jabatan tersebut setelah pertemuan Trump dan Romney hari Sabtu itu.

“Kami mengadakan percakapan meluas terkait berbagai isu dunia di mana Amerika memiliki kepentingan yang benar-benar signifikan,” ujar Romney setelah pertemuan itu. “Kami membahas hal-hal tersebut dan bertukar pandangan mengenai topik-topik itu.”

Menurut berbagai laporan media, hari Minggu ini Trump dijadwalkan bertemu dengan Wilbur Ross, yang berpotensi menjadi menteri perdagangan dan dikenal meraup miliaran dolar dengan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang bangkrut, David McCormick, pimpinan perusahaan investasi Bridgewater Associates, serta Gubernur New Jersey Chris Christie, yang baru-baru ini dicabut perannya dalam tim transisi Trump.

Hari Sabtu, dalam upaya yang tampaknya dianggap sebagai pernyataan rekonsiliasi terbuka dengan para pemimpin utama partai Republik, Trump dan wakil presiden terpilih Mike Pence dengan hangat menyambut Romney dengan berjabatan tangan, sewaktu mantan gubernur Massachusetts itu tiba untuk melakukan pembicaraan.

Trump dan Romney memiliki hubungan yang sengit pada masa lalu. Tetapi Senator Jeff Sessions, calon jaksa agung pilihan Trump sekaligus wakil ketua tim transisinya, telah mendesak presiden terpilih agar mempertimbangkan Romney untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan mendatang. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG