Tautan-tautan Akses

AS

Trump Berikrar Dukung Kandidat Partai Republik


Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump.

Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump.

Trump menandatangani ikrar partai untuk mendukung calon presiden dari partai tersebut dan tidak akan mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai ke tiga.

Para pemimpin Partai Republik merasa lebih lega setelah Donald Trump, pesaing kuat dalam nominasi calon presiden, hari Kamis (3/9) menandatangani ikrar partai untuk mendukung calon presiden dari partai tersebut dan tidak akan mencalonkan diri sebagai kandidat dari partai ke-tiga.

Trump menandatangani ikrar tersebut di gedung miliknya, Trump Tower, di New York, dalam pertemuan dengan ketua partai Reince Priebus, dan kemudian menjelaskan keputusannya dalam konferensi pers.

“Cara terbaik melangkah maju untuk menang adalah jika saya memenangkan nominasi dan langsung menghadapi siapapun yang diajukan partai Demokrat. Jadi untuk alasan itulah saya menandatangani ikrar ini.”

Trump menambahkan bahwa ia akan menjanjikan kesetiaan penuh kepada Partai Republik dan prinsip-prinsip konservatif yang dijunjung partai.

“Kita akan berjuang keras dan akan menang,” ujarnya.

Dalam debat pertama para calon kandidat dari partai Republik bulan lalu, Trump adalah satu-satunya calon yang menolak menjanjikan dukungan bagi kandidat Partai, dan satu-satunya yang tidak mengesampingkan upaya mencalonkan diri dari partai ke tiga, dengan mengatakan, hal tersebut tergantung pada cara partai memperlakukannya. Trump kini menyatakan ia yakin partai Republik telah memperlakukannya dengan “adil.”

XS
SM
MD
LG