Tautan-tautan Akses

AS

Trump Akhiri Tur Kemenangan


Presiden AS terpilih Donald Trump disambut Azalea Trail Maids -- 50 siswi SMA yang menjadi duta kota Mobile, Alabama, saat tiba di bandara kota itu (17/12). (AP/Evan Vucci)

Trump mengklaim bahwa tim kampanye Clinton telah mencadangkan kembang api bernilai US$7 juta untuk merayakan kemenangannya.

Presiden AS terpilih Donald Trump telah menyelesaikan “tur terima kasih”, serangkaian tur yang dilakukan untuk merayakan kemenangannya dalam pemilihan umum bulan lalu.

Ia berpidato di Alabama dan kembali menyampaikan tentang “ketidakjujuran” wartawan yang berupaya menggambarkannya sebagai calon presiden Partai Republik yang tidak akan memenangkan pemilu.

Trump mengatakan kepada ribuan orang di Mobile, kota berpenduduk sekitar 200 ribu orang di negara bagian di selatan Amerika itu, bahwa kampanyenya “diwarnai” laporan yang tidak berimbang.

“Pembohong," ujar Trump mengulangi tuduhan yang disampaikan oleh seorang hadirin. “Media tahu apa yang mereka lakukan, tetapi itu tidak berhasil. Dan itulah sebabnya kita bersama-sama ada di sini."

Trump bicara dengan antusias ketika ia mengupas kemenangannya di negara-negara bagian yang mendukungnya pada malam pemilu. Sementara pada salah seorang hadiri yang meneriakkan kata “penjarakan dia” – merujuk pada calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton, Trump menjawab “Tidak.. kita sudah menang!”.

Trump mengklaim bahwa tim kampanye Clinton telah mencadangkan kembang api bernilai US$7 juta untuk merayakan kemenangannya. Staf Trump menawarkan untuk membeli “5 sen untuk setiap $1”, tetapi “kami tidak pernah mendengar jawaban balasan mereka”. [em]

XS
SM
MD
LG