Tautan-tautan Akses

Trump akan Umumkan Calon Wakil Presidennya Jumat


Kandidat presiden partai Republik Donald Trump berbicara di Westfield, negara bagian Indiana. (Foto: dok.)

Kandidat presiden partai Republik Donald Trump berbicara di Westfield, negara bagian Indiana. (Foto: dok.)

Donald Trump, yang diasumsikan bakal menjadi kandidat presiden dari partai Republik, mempersempit pilihan calon wakil presidennya dan berencana mengumumkan pilihannya itu hari Jumat (15/7).

Trump menyatakan di Twitter bahwa ia akan mengumumkannya pada pukul 11 siang di New York.

Di antara mereka yang kemungkinan besar menjadi pilihannya adalah Gubernur Indiana Mike Pence, yang tampil dalam acara penggalangan dana dengan Trump hari Selasa (12/7), mantan ketua DPR Newt Gingrich, atau Gubernur New Jersey Chris Christie.

Christie, yang pernah menjadi pesaing Trump sebagai calon presiden, memberi dukungan kepada pengusaha tersebut setelah keluar dari kontes kandidat calon presiden awal tahun ini.

Beberapa media, termasuk U.S. News & World Report dan Politico, menyatakan persaingan calon wakil presiden pilihan Trump itu adalah antara Pence dan Gingrich.

Menurut majalah US News, ketua tim kampanye Trump Paul Manafort mendorong terpilihnya Pence. Sumber-sumber dalam tim kampanye itu mengatakan kepada majalah tersebut bahwa mantan anggota Kongres itu dianggap dapat diandalkan dan terhomat, serta “seseorang yang dapat mereka kendalikan.”

Namun anak-anak Trump, serta menantunya – suami Ivanka – Jared Kushner, tampaknya condong pada Gingrich, sebut situs berita online Politico, yang menyebut berbagai sumber yang terlibat dalam urusan pertimbangan kampanye.

Namun Trump juga memuji Christie di Fox News. Kedua orang itu telah lama saling berhubungan. Ia menganggap Christie sebagai seorang profesional dan orang yang baik, namun banyak orang yang tidak mengetahui hal ini.

Sementara Hillary Clinton, yang diasumsikan menjadi kandidat presiden dari partai Demokrat juga sedang mewawancarai calon-calon wakil presidennya. Ia diperkirakan akan mengumumkan pilihannya pekan depan.

Di antara yang disebut-sebut dalam daftar pilihan itu adalah Senator Virginia Tim Kaine, Senator Massachusetts Elizabeth Warren, Menteri Tenaga Kerja Tom Perez, Senator New Jersey Cory Booker dan Menteri Perumahan Julian Castro. Piihan calon lainnya adalah Laksamana Purnawirawan James Stavridis, dekan Fakultas Hukum dan Diplomasi di Universitas Tuft serta mantan komando sekutu tertinggi NATO. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG