Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Serahkan Rencana Anggaran Federal Pertama


Presiden AS Donald Trump dan Menhan AS Jim Mattis di Pentagon (foto: dok). Rencana anggaran pertama Trump menjadikan anggaran pertahanan sebagai prioritas nomor satu dengan peningkatan sebesar 54 miliar dolar.

Presiden AS Donald Trump dan Menhan AS Jim Mattis di Pentagon (foto: dok). Rencana anggaran pertama Trump menjadikan anggaran pertahanan sebagai prioritas nomor satu dengan peningkatan sebesar 54 miliar dolar.

Presiden Donald Trump minggu ini menyerahkan proposal anggaran kepada Kongres yang akan menjadi ujian besar bagi Partai Republik untuk memenuhi janji-janji lamanya meningkatkan anggaran militer, membuat pemangkasan yang secara politik sangat berat pada banyak program dalam negeri yang disukai.

Presiden dari Partai Republik itu akan meminta kepada partainya yang mendominasi Kongres untuk memangkas anggaran departemen seperti Badan Perlindungan Lingkungan, serta departemen-departemen pendidikan, perumahan pembangunan perkotaan, hibah kepada pemerintah negara bagian dan lokal serta proyek-proyek pembangunan komunitas.

Rencana anggaran yang akan dirilis Kamis (16/3) itu akan menjadikan Pentagon sebagai prioritas nomor satu dengan peningkatan sebesar 54 miliar dolar untuk anggaran pertahanan.

Trump sebelumnya menjanjikan untuk “melakukan lebih banyak dengan sumber daya lebih sedikit,” tapi rencananya menghadapi ujian dari anggota Kongres Partai Republik banyak di antaranya sudah melakukan protes.

Anggota Kongres Partai Republik sudah menyatakan ketidaksenangan mereka atas beberapa rencana sebelumnya termasuk penghapusan program pembangunan blok komunitas yang populer diantara pejabat Partai Republik, pemangkasan 25% anggaran Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan penghapusan 3.000 pekerjaan dan menghentikan program sebesar 300 juta dolar untuk membersihkan danau Great Lakes.

Senator Partai Republik Rob Portman dari Ohio, bersama pihak Demokrat tidak menyetujui proposal pemangkasan dana Great Lakes itu. Pemangkasan atas Jawatan Pengawal Pantai (Coast Guard) mendapat tentangan dari Partai Republik.

Rencana Trump untuk menghapus dana pembangunan komunitas sudah ditolak di Kongres oleh mereka yang ingat bagaimana pemangkasan ringan terhadap program itu membatalkan anggaran belum lama ini. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG