Tautan-tautan Akses

AS

Trump: 8000 Pekerjaan Sektor Teknologi Tinggi Datangi AS


Presiden AS terpilih Donald Trump mengacungkan jempol setelah berbicara dengan wartawan di Mar-a-Lago, di Palm Beach, Florida (28/12). (AP/Evan Vucci)

Trump mengatakan Sprint membawa kembali 5.000 pekerjaan dari luar negeri, sementara perusahaan satelit baru OneWeb menciptakan 3.000 pekerjaan.

Presiden AS terpilih Donald Trump mengumumkan hari Rabu (28/12) bahwa dua perusahaan telekomunikasi menambahkan ribuan pekerjaan ke dalam perekonomian Amerika Serikat.

Dari luar rumah peristihatan Mar-a-Lago miliknya di Florida, Trump mengatakan Sprint membawa kembali 5.000 pekerjaan dari luar negeri dan produsen satelit baru OneWeb akan menciptakan 3.000 pekerjaan di AS.

Trump tidk memberikan rincian dan tidak mengatakan apakah ia dan tim transisinya memiliki keterkaitan dengan lapangan pekerjaan baru tersebut.

Trump telah memuji dirinya sendiri atas kenaikan empat poin pada Indeks Kepercayaan Konsumen AS bulan Desember, dengan mencuit di Twitter "Terima kasih, Donald." Namun para ekonom mengatakan kepercayaan konsumen secara tradisi memang naik setelah presiden baru dari partai yang berbeda terpilih.

Obama, Trump Berbicara di Telepon

‚ÄčTrump juga mengatakan Presiden Barack Obama meneleponnya hari Rabu dan bahwa keduanya melakukan "perbincangan yang sangat menyenangkan." Trump menggambarkan pembicaraan tersebut "sangat umum."

Riak kecil muncul antara Trump dan Obama minggu ini setelah presiden yang masih menjabat itu mengatakan ia akan mengalahkan Trump jika ia diperbolehkan maju untuk ketiga kalinya.

Trum menulis di Twitter "Tidak Mungkin" dan bahwa Obama secara pribadi berkampanye di negara-negara bagian dengan massa mengambang dan tetap saja tidak berhasil membuat mantan menteri luar negeri Hillary Clinton terpilih.

Trump mengatakan ia mencoba melakukan yang terbaik untuk "mengabaikan banyak pernyataan Presiden O yang menyerang dan menghadang. Saya kira ini akan menjadi transisi yang mulus -- ternyata TIDAK," tulisnya dalam cuitan lain.

Logo perusahaan telekomunikasi Sprint di layar ponsel.

Logo perusahaan telekomunikasi Sprint di layar ponsel.

Namun juru bicara Trump, Sean Spicer, mengatakan hari Rabu bahwa "baik presiden saat ini dan timnya telah sangat bermurah hati memberikan waktunya terkait mekanisme transisi sejauh ini dan saya kira mereka akan terus berbicara secara rutin."

Ketika ditanya mengenai pidato Menteri Luar Negeri John Kerry mengenai perdamaian di Timur Tengah, Trump hanya mengatakan "pidatonya sudah sangat menjelaskan." Namun ia mengatakan PBB tidak memaksimalkan potensinya, dengan menambahkan bahwa badan dunia itu menyebabkan masalah-masalah, bukannya menanggulanginya. [hd]

XS
SM
MD
LG