Tautan-tautan Akses

Truk-Truk Pertama Rusia Capai Luhansk


Konvoi truk pertama Rusia terlihat di wilayah inspeksi Rusia di titik kontrol perbatasan dengan Ukraina di Donetsk, Rostov-on-Don, Rusia (21/8/2014).

Konvoi truk pertama Rusia terlihat di wilayah inspeksi Rusia di titik kontrol perbatasan dengan Ukraina di Donetsk, Rostov-on-Don, Rusia (21/8/2014).

Truk-truk pertama dari konvoi bantuan Rusia telah tiba di kota Luhansk yang dikoyak perang di Ukraina timur.

Laporan-laporan menyatakan konvoi truk itu tiba hari Jumat, setelah mulai bergerak menyeberangi perbatasan tanpa izin dari Ukraina.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuduh Rusia melakukan pelanggaran hukum internasional. Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan langkah Rusia itu termasuk “invasi langsung” tetapi katanya Ukraina tidak akan menggunakan serangan udara terhadap konvoi itu.

Hari Kamis, para pejabat Ukraina mengatakan penjaga perbatasan telah mulai memeriksa 200 truk konvoi bantuan Rusia yang telah terhenti di perbatasan selama berhari-hari, menunggu izin untuk memasuki negara itu.

Konvoi itu berada di perbatasan menunggu penyelesaian serangkaian langkah resmi, termasuk pemeriksaan oleh Palang Merah. Palang Merah telah menunggu beberapa hari untuk jaminan keamanan dari semua pihak sebelum mendekati konvoi itu.

Pemerintah Kiev, yang menuduh Rusia mempersenjatai atau mendukung pemberontak, telah menyuarakan kecurigaan bahwa Moskow menggunakan konvoi itu sebagai dalih untuk melakukan invasi besar-besaran. Moskow menyebut tuduhan itu "tidak masuk akal."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG