Tautan-tautan Akses

Transmisi Bocor, Volkswagen Hentikan Penjualan 4 Model


Para pekerja di pabrik Volkswagen merakit VW Passat di Chattanooga, negara bagian Tennessee (foto: dok).

Para pekerja di pabrik Volkswagen merakit VW Passat di Chattanooga, negara bagian Tennessee (foto: dok).

Volkswagen memberitahu para pengecer mobil di Amerika untuk menghentikan penjualan mobil buatannya yang paling laku hingga kebocoran cairan di transmisinya bisa diperbaiki.

Juru bicara Volkswagen Scott Vazin hari Rabu (9/4) mengatakan pemberitahuan itu mencakup 25 ribu mobil Volkswagen model Jetta, Passat, Beetle dan Beetle Convertible yang dilengkapi dengan transmisi otomatis dan mesin empat silinder berkapasitas 1,8 liter. Keempat model mobil ini dibuat setelah tanggal 1 Februari.

Sebuah “cincin-O” yang menghubungkan jalur cairan pada transmisi menuju pendingin bisa gagal dan mengakibatkan kebocoran, yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Vazin mengatakan belum ada kebakaran atau kecelakaan yang dilaporkan.

Volkswagen berencana mengganti bagian-bagian yang cacat tersebut, yang diperkirakan akan memakan waktu dua minggu. Perbaikan sederhana – ujar Vazin – hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Sekitar separuh model mobil itu masih berada di pengecer. Vazin mengatakan Volkswagen kini bekerjasama dengan Otoritas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika untuk memperbaiki mobil-mobil yang belum terjual.
XS
SM
MD
LG