Tautan-tautan Akses

Toyota Tetap Produsen Mobil Nomor Satu di Dunia


Toyota Prius dalam sebuah pameran mobil di Las Vegas, 8 September 2015 (Foto: dok).

Toyota Prius dalam sebuah pameran mobil di Las Vegas, 8 September 2015 (Foto: dok).

Toyota, produsen mobil populer seperti Prius hibrida dan sedan Camry, mengalahkan produsen mobil Jerman, Volkswagen AG, dan perusahaan mobil Amerika Serikat General Motors.

Toyota Motor Corporation yang berbasis di Jepang mengatakan telah menjual 10,15 juta kendaraan pada 2015 di berbagai penjuru dunia sehingga menjadikannya produsen mobil dengan angka penjualan tertinggi di dunia untuk tahun keempat berturutan.

Toyota, produsen mobil populer seperti Prius hibrida dan sedan Camry, mengalahkan produsen mobil Jerman, Volkswagen AG, dan perusahaan mobil Amerika Serikat General Motors. Volkswagen menempati posisi kedua dengan total penjualan 9,93 juta kendaraan sementara General Motors di posisi ketiga dengan total penjualan 9,8 juta kendaraan.

Volkswagen sebetulnya sempat mengungguli Toyota pada paruh pertama 2015 namun kemudian tertinggal menyusul skandal yang menuding produsen mobil itu dengan sengaja memasang alat untuk mengakali uji polusi pada kendaraan yang diproduksinya.

Pada 2008, Toyota mengakhiri dominasi General Motors sebagai produsen mobil nomor satu selama beberapa dekade. Namun kemudian Toyota kehilangan posisi itu pada 2011 setelah tragedi gempa dan tsunami yang mengacaukan produksi dan jaringan suplainya. [ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG