Tautan-tautan Akses

Warga Toronto, Kanada Pilih Walikota Baru


John Tory bersama isterinya, Barbara Hackett merayakan kemenangan dalam pemilihan walikota di Toronto, Senin (27/10) malam.

John Tory bersama isterinya, Barbara Hackett merayakan kemenangan dalam pemilihan walikota di Toronto, Senin (27/10) malam.

Kandidat konservatif John Tory memenangkan pemilu hari Senin (27/10) dengan lebih dari 40 persen suara.

Warga Toronto, Kanada, telah memilih seorang Walikota baru untuk menggantikan Rob Ford yang akan segera mengakhiri masa jabatannya dan menjadi sorotan internasional karena perilakunya yang buruk dan penggunaan alkohol dan narkoba.

Setelah 100 persen suara dihitung, kandidat konservatif John Tory memenangkan pemilu hari Senin (27/10) dengan lebih dari 40 persen suara, mengalahkan Doug Ford, saudara Rob Ford, yang meraih 33 persen suara dan Olivia Chow, yang memperoleh hanya 23 persen suara,

Tory, mantan eksekutif perusahaan TV kabel dan penyiar radio, kalah pada pemilihan walikota tahun 2010 dari walikota yang menjabat sekarang.

Walikota Ford membatalkan pencalonannya kembali bulan lalu setelah didiagnosa menderita kanker perut ganas, sehingga mendorong saudaranya untuk bertukar posisi dalam pemilihan. Sementara Doug mencalonkan diri untuk Walikota, Rob berusaha memperoleh kursi yang ditinggalkan Doug di Dewan Kota.

Meski menyandang reputasi buruk, walikota yang akan segera melepas jabatannya itu, pada pidato hari Senin, mengisyaratkan kepada para pendukungnya bahwa ia akan mencalonkan diri untuk posisi walikota lagi pada tahun 2018.

Rob Ford diperkirakan akan tetap menjadi aktor penting dalam politik Kanada. Pada pemilu Senin, ia merebut kursi di Dewan Kota yang ditinggalkan kakaknya.

XS
SM
MD
LG