Tautan-tautan Akses

Topan Meranti Hantam China Bagian Tenggara 


Kapal nelayan yang terbalik akibat Topan Meranti di Kaohsiung, Taiwan (15/9). (Reuters/Tyrone Siu)

Kapal nelayan yang terbalik akibat Topan Meranti di Kaohsiung, Taiwan (15/9). (Reuters/Tyrone Siu)

Menurut laporan media, ini adalah topan terkuat yang pernah melanda kota itu sejak tahun 1949. Puluhan penerbangan dan layanan kereta api dibatalkan.

Topan Meranti menghantam daratan China tenggara hari Kamis (15/9), dengan angin kencang dan hujan lebat yang memutuskan kawat-kawat listrik.

Menurut laporan pers resmi ini adalah topan terkuat tahun ini, tapi belum ada laporan korban tewas.

Badai hebat yang disebut topan super itu melanda kota pantai Xiamen dinihari. Foto-foto yang disiarkan media pemerintah menunjukkan jalan-jalan yang terendam air di Xiamen, pohon-pohon yang tumbang dan mobil-mobil yang rusak berat. Tim-tim bantuan tampak membantu penduduk mengungsi.

Banyak bagian kota Xiamen gelap karena kawat-kawat listrik putus dan pasokan air ke banyak bagian kota terhenti. Jendela-jendela gedung bertingkat tinggi banyak yang pecah, kata kantor berita Xinhua.

Menurut laporan itu, ini adalah topan terkuat yang pernah melanda kota itu sejak tahun 1949. Puluhan penerbangan dan layanan kereta api dibatalkan.

Puluhan ribu orang telah mengungsi sebelum topan Meranti tiba dan kapal-kapal penangkap ikan diperintahkan kembali ke pelabuhan. Di Taiwan, satu orang meninggal dan 38 luka-luka ketika topan itu menghantam Taiwan selatan hari Rabu, sebelum melaju ke daratan China. (isa/sp)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG