Tautan-tautan Akses

Topan Kuat Hantam Australia


Sebuah rumah di kota Yeppoon di bagian timur laut Australia terlihat hancur pasca hantaman topan Marcia (20/2).

Sebuah rumah di kota Yeppoon di bagian timur laut Australia terlihat hancur pasca hantaman topan Marcia (20/2).

Topan Lam menghantam daratan Northern Territory yang jarang penduduk, disusul beberapa jam kemudian oleh Topan Marcia melanda sepanjang pantai timur negara bagian Queensland, Jumat (20/2).

Dua topan dahsyat menghantam Australia utara, hari Jumat (20/2), topan "pertama" negara itu, kata Biro Meteorologi Australia. Badan cuaca tadi menambahkan, ini untuk pertama kalinya dua topan tropis yang kuat melintas Australia dalam waktu 24 jam.

Topan Lam menghantam daratan Northern Territory yang jarang penduduk, disusul beberapa jam kemudian oleh Topan Marcia yang dahsyat, melampaui kota-kota kecil di sepanjang pantai timur negara bagian Queensland dengan tiupan angin sekencang 285 kilometer per jam.

Perdana Menteri Queensland, Annastacia Palaszczuk, memperingatkan warga, hari Kamis, untuk bersiaga menghadapi "pengalaman yang mengerikan dan menakutkan" saat Topan Marcia mengamuk.

Palaszczuk memperingatkan, "Ini adalah topan sangat dahsyat. Kami ingin setiap orang bersiaga menghadapi apa yang akan terjadi." Menurut biro cuaca, Topan Marcia adalah badai kategori lima, paling berbahaya, sementara Topan Lam dikelaskan sebagai kategori empat.

XS
SM
MD
LG