Tautan-tautan Akses

Topan Joaquin Hantam Kepulauan Bahama


Badai Joaquin (Foto: dok).

Badai Joaquin (Foto: dok).

Pusat Badai Nasional menyatakan kecepatan Joaquin diperkirakan akan meningkat dan bergerak ke arah utara, menuju Amerika Serikat, dalam satu atau dua hari ini.

Topan Joaquin menyebabkan banjir di beberapa daerah yang berpenduduk sedikit di kepulauan Bahama. Menurut Pusat Badai Nasional Amerika, Joaquin telah menjadi topan kategori empat yang “sangat berbahaya” dan dapat bertambah kuat.

Joaquin bergerak dengan kecepatan hanya enam kilometer per jam sewaktu melalui gugusan pulau itu, dengan pusaran angin berkecepatan 215 kilometer per jam yang menyertainya dalam radius hingga 80 kilometer dari pusat badai.

Pusat Badai Nasional menyatakan kecepatan Joaquin diperkirakan akan meningkat dan bergerak ke arah utara, menuju Amerika Serikat, dalam satu atau dua hari ini. Peningkatan kecepatan angin lebih jauh mungkin juga terjadi pada hari Jumat.

Ini adalah topan ke-tiga yang terjadi pada musim badai Atlantik tahun ini.

Para peramal cuaca memperkirakan Joaquin dapat menimbulkan gelombang 1,5 hingga 3 meter di bagian tengah Bahama, dengan curah hujan hingga 51 centimeter di beberapa daerah.

San Salvador, Cat Island dan Rum Cay diperkirakan akan menjadi daerah yang paling parah dilanda topan sebelum Joaquin bergerak ke arah utara.

Para pejabat Amerika di negara-negara bagian di kawasan pesisir timur telah memulai persiapan menghadapi badai, yang kemungkinan akan mencapai daratan pada awal pekan depan, hampir tiga tahun setelah BadaiSandy menghancurkan New York dan New Jersey, menewaskan lebih dari 120 orang dan menimbulkan kerusakan properti bernilai sekitar 70 miliar dolar.

Topan ini juga dapat melanda fasilitas-fasilitas militer Amerika di pesisir Virginia serta di beberapa kota besar seperti Washington DC, Baltimore dan Philadelphia. [ut]

XS
SM
MD
LG