Tautan-tautan Akses

Topan Gonzalo Kategori 3 Bertiup ke Bermuda


Gambar yang dirilis oleh NOAA ini menunjukkan arah Topan Gonzalo di Bermuda (di sebelah kanan), (16/10).

Gambar yang dirilis oleh NOAA ini menunjukkan arah Topan Gonzalo di Bermuda (di sebelah kanan), (16/10).

Dennis Feltgen, ahli meteorologi pada Pusat Topan Nasional AS di Miami mengatakan terlalu dini untuk meramalkan apakah topan itu akhirnya akan menerpa Bermuda, Jumat (17/10), namun memperingatkan agar penduduk siaga menghadapi cuaca parah itu.

Penduduk Bermuda, pulau kecil Inggris di Samudera Atlantik, bersiap menyambut Topan Gonzalo, Kategori 3, hanya beberapa hari setelah sebuah badai tropis merusak rumah-rumah, menumbangkan pohon-pohon dan tiang-tiang listrik di situ.

Dennis Feltgen, ahli meteorologi pada Pusat Topan Nasional AS di Miami, mengatakan, terlalu dini untuk meramalkan apakah topan itu akhirnya akan menerpa Bermuda, hari Jumat (17/10), namun memperingatkan agar penduduk siaga menghadapi cuaca parah itu.

Gonzalo bertiup kencang pada laju 205 kilometer per jam, Rabu malam (15/10), berpusat pada sekitar 895 kilometer sebelah selatan dan barat daya Bermuda. Pemerintah setempat mengumumkan akan menutup bandar udara internasional pulau itu, Kamis malam (16/10).

Beberapa maskapai penerbangan menambah jumlah pesawat yang meninggalkan Bermuda sebelum badai tiba. Lebih dari seribu rumah padam listrik, dengan para penduduk terpaksa memperbaiki atap-atap rumah mereka yang rusak.

Pemerintah memanggil 200 tentara dari Resimen Bermuda untuk membantu upaya pembersihan pulau, yang berpenduduk sekitar 70 ribu orang itu.

XS
SM
MD
LG