Tautan-tautan Akses

Tolak Perangi Boko Haram, 54 Tentara Nigeria Dihukum Mati


Tentara Nigeria yang bersiap ditempatkan di Mali. (Foto: Ilustrasi)

Tentara Nigeria yang bersiap ditempatkan di Mali. (Foto: Ilustrasi)

Para tentara tersebut didakwa memberontak dan bersikap pengecut setelah menolak perintah untuk merebut kembali tiga kota yang dikuasai kelompok militan Islamis itu.

Sebuah mahkamah militer Nigeria telah menjatuhkan hukuman mati terhadap 54 tentara karena menolak memerangi kelompok militan Boko Haram.

Para tentara tersebut didakwa memberontak dan bersikap pengecut, setelah menolak perintah pada Agustus lalu untuk merebut kembali tiga kota yang dikuasai kelompok militan Islamis itu di negara bagian Borno, Nigeria timur laut.

Seorang pengacara para terdakwa, Femi Falana, pada Rabu (17/12) mengatakan bahwa lima tentara lainnya yang diadili di mahkamah militer telah dibebaskan dari tuduhan.

Para terdakwa yang divonis bersalah itu, semuanya anggota Divisi 7 Angkatan Darat yang bermarkas di Maiduguri, akan dieksekusi oleh regu tembak.

Tentara Nigeria mengeluh karena persenjataan mereka kalah dibandingkan dengan persenjataan Boko Haram dan mereka kerap dikirim ke medan tempur tanpa logistik yang memadai.

XS
SM
MD
LG