Tautan-tautan Akses

Tokyo Kukuhkan Pembicaraan dengan Tiongkok soal Sengketa Pulau


Patroli pengawas pantai Taiwan hampir berhadapan-hadapan dengan kapal Jepang dekat Senkaku-Diayou di Laut China Timur (foto: dok).

Patroli pengawas pantai Taiwan hampir berhadapan-hadapan dengan kapal Jepang dekat Senkaku-Diayou di Laut China Timur (foto: dok).

Pemerintah Jepang mengkonfirmasi pertemuan antara pejabat senior Jepang dan Tiongkok di Shanghai mengenai sengeka Senkaku-Diayou.

Jepang menyatakan terlibat dalam pembicaraan dengan Tiongkok untuk menyelesaikan sengketa teritorial yang mengganggu hubungan antara kedua negara kuat di Asia tersebut.

Kepala Sekretaris Kabinet Osamu Fujimura mengukuhkan pada hari Rabu (10/24) berita bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Chikao Kawai pekan lalu diam-diam bertemu para pejabat senior Tiongkok di Shanghai. Ia mengatakan pembicaraan itu merupakan bagian dari upaya Tokyo untuk terus berkomunikasi dengan Beijing pada berbagai level, terkait sengketa pulau di Laut China Timur.

Hubungan Tiongkok-Jepang memburuk bulan lalu setelah Tokyo membeli sekelompok pulau yang disengketakan dari pihak swasta Jepang pemiliknya. Kepulauan yang di Jepang dikenal sebagai Senkaku dan di Tiongkok dikenal sebagai Diaoyu itu dikelilingi wilayah yang memiliki potensi cadangan energi dan kaya hasil laut.
XS
SM
MD
LG