Tautan-tautan Akses

Tokoh-tokoh Senior Partai Republik Sambut Hangat Romney


Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney bercanda dengan Senator John McCain dalam sebuah acara di Scottsdale, Jumat (20/4).

Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney bercanda dengan Senator John McCain dalam sebuah acara di Scottsdale, Jumat (20/4).

Kandidat terdepan Partai Republik, Mitt Romney, mendapat dukungan Dewan Pimpinan dan para sesepuh partainya.

Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney kemungkinan besar akan secara resmi ditetapkan dalam konvensi partai bulan Agustus menjadi penantang Presiden Amerika Barack Obama. Tanda-tanda tersebut semakin jelas ketika para tokoh negara bagian dan sesepuh nasional Partai Republik menyambutnya dengan hangat di Arizona.

Kandidat terdepan Partai Republik tersebut berpidato di Arizona di mana para tokoh partai negara bagian dan dari seluruh Amerika berkumpul. Pidato itu memberikan kesempatan simbolis bagi Romney yang diperkenalkan di acara ini oleh Senator John McCain.

Para petinggi Partai Republik menyambut Romney dengan hangat sebab pencalonannya merupakan awal dari upaya yang ditunggu-tunggu untuk mengambil alih kembali Gedung Putih dari Presiden Obama dan Partai Demokrat.

Di seluruh Amerika, para gubernur Republik, senator dan anggota DPR berpendapat bahwa kini telah tiba waktunya untuk mengakhiri proses nominasi. Ketua DPR John Boehner dan pemimpin fraksi Republik di Senat, Senator Mitch McConnel memberikan dukungannya kepada Romney minggu ini.

Namun demikian, sebagian aktivis Partai Republik masih belum sepenuhnya menerima Romney sebagai jago mereka dengan alasan proses pemilihan pendahuluan hendaknya diteruskan sampai Romney mengumpulkan jumlah delegasi yang cukup untuk memastikan pencalonannya dalam konvensi partai di Tampa, Florida bulan Agustus mendatang.

Dalam pidatonya di Arizona, Jumat (20/4), Mitt Romney kembali mengecam pemerintahan Obama yang dikatakan menjadi semakin besar yang ingin mengurusi semua aspek kehidupan rakyat Amerika. Dalam bidang ekonomi, Romney mengatakan, “Saya tidak percaya pada sistim ekonomi yang dijalankan oleh pemerintah, dikendalikan oleh pemerintah. Saya akan berpaling pada Amerika, asas keberanian berusaha dan kebebasan ekonomi yang telah mendorong kita menjadi perekonomian terkuat di dunia.”

Sementara itu, kubu kampanye pemilihan kembali Presiden Obama telah mulai menayangkan iklan berbahasa Spanyol dengan target pemilih Hispanik, yang memberinya dukungan kuat dalam pemilu 2008. Mitt Romney juga mulai memusatkan perhatian untuk menarik dukungan warga Hispanik yang berjumlah sekitar 30 persen dari populasi negara bagian Arizona.

Dalam penggalangan dana kampanye, baik Presiden Obama maupun Mitt Romney juga terus berlomba. Sejauh ini kubu Obama telah mengumpulkan hampir 350 juta dolar sejak awal kampanyenya tahun lalu. Obama sendiri berhasil menggalang 127 juta dolar sejak awal tahun 2012. Sementara itu Partai Republik berhasil mengumpulkan 13,7 juta dolar pada bulan Maret dan sejauh ini memiliki dana siap pakai sebesar 32,7 juta dolar. Mitt Romney sendiri telah menggalang 75 juta dolar sampai akhir bulan Februari dengan saldo pada akhir bulan itu sebesar 7,2 juta dolar.
XS
SM
MD
LG