Tautan-tautan Akses

Tokoh Reformis Iran Ditangkap


Mantan Presiden Iran dan tokoh oposisi, Mohammad Khatami

Mantan Presiden Iran dan tokoh oposisi, Mohammad Khatami

Morteza Haji, mantan menteri pendidikan di bawah kepresidenan Khatami, ditangkap Rabu malam dan dibawa ke penjara Evin, Teheran.

Situs-situs Internet oposisi di Iran mengatakan seorang reformis terkemuka yang dekat pada mantan Presiden Mohammad Khatami telah ditangkap, tindakan terbaru terhadap para penentang Presiden berhaluan garis keras Mahmoud Ahmadinejad.

Situs-situs Saham dan Rahesabz melaporkan bahwa Morteza Haji, seorang mantan menteri pendidikan dalam masa jabatan pertama kepresidenan Khatami, ditangkap Rabu malam dan dibawa ke penjara Evin, Teheran.

Kedua laporan tidak menyebut mengapa Haji ditangkap. Ia pernah ditahan bulan Desember tahun 2009 setelah protes luas menentang pemilihan kembali Ahmadinejad, kerusuhan paling gawat sejak berdirinya Republik Islam itu tahun 1979.

Oposisi mengatakan pemilu itu dicurangi, tetapi pihak berwenang Iran membantah tuduhan kecurangan pemilu. Ratusan kaum reformis telah ditahan dan diadili dalam penindakan yang menyusul pemilihan presiden yang disengketakan itu.

XS
SM
MD
LG