Tautan-tautan Akses

AS

Tokoh Kedua Fraksi Senat AS Pertahankan Filibuster


Pemimpin mayoritas dari partai Demokrat Harry Reid (Foto: dok).

Pemimpin mayoritas dari partai Demokrat Harry Reid (Foto: dok).

Pemimpin mayoritas dari partai Demokrat Harry Reid dan John McCain dari partai Republik, mencapai kesepakatan untuk mempertahankan tradisi "filibuster" di Senat AS, Selasa (16/7).

Para tokoh kedua fraksi dalam Senat Amerika telah mencapai kesepakatan untuk mempertahankan "filibuster". Filibuster merupakan tradisi lama siasat prosedur mengulur-ulur waktu yang digunakan partai atau fraksi minoritas untuk menghambat rancangan undang-undang atau pengukuhan calon-calon menteri atau duta besar atau hakim yang diajukan presiden.

Kesepakatan yang dicapai oleh pemimpin mayoritas dari partai Demokrat Harry Reid dan John McCain dari partai Republik, Selasa (16/7) menghentikan ancaman fraksi Demokrat untuk mengubah peraturan supaya calon-calon yang diajukan oleh presiden hanya memerlukan suara mayoritas sederhana untuk mendapat pengukuhan atau persetujuan.

Sekiranya kesepakatan itu tidak tercapai, partai Demokrat yang mayoritas dapat menghapuskan filibuster melalui pemungutan suara tadi, dan ini akan memperuncing lebih jauh perselisihan tajam antara kedua partai dalam majelis Senat.

Ketika kesepakatan hari Selasa itu diumumkan dan setelah berbulan-bulan tertunda, para tokoh Senat setuju untuk melakukan pemungutan suara terakhir mengenai yang pertama dari tujuh calon menteri yang diajukan oleh Presiden Barack Obama yang telah dihambat oleh fraksi Republik.

Presiden kemudian mengatakan ia gembira oleh tindakan Senat itu, dan mengemukakan bahwa majelis Senat telah gagal melakukan pemungutan suara karena alasan politik mengenai para calon yang ditunjuk untuk jabatan-jabatan penting selama dua tahun ini.
XS
SM
MD
LG