Tautan-tautan Akses

Titan: Komputer Super Tercepat di Dunia


Laboratorium Nasional Oak Ridge yang mengeluarkan komputer super bernama Titan.(Courtesy Oak Ridge National Laboratory)

Laboratorium Nasional Oak Ridge yang mengeluarkan komputer super bernama Titan.(Courtesy Oak Ridge National Laboratory)

Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) di AS baru meluncurkan komputer super yang bisa jadi merupakan yang tercepat di dunia.

Para ilmuwan di Laboratorium Nasional Oak Ridge (ORNL) di negara bagian Tennessee, AS, baru saja meluncurkan komputer baru bernama Titan, yang bisa jadi merupakan komputer super tercepat di dunia.

Titan mampu melakukan lebih dari 20.000 triliun perhitungan setiap detik (20 petaflop), menurut pihak laboratorium tersebut. Hal itu kira-kira setara dengan masing-masing dari tujuh miliar penduduk Bumi melakukan tiga juta penghitungan per detik, menurut ORNL. Titan juga memiliki memori sebanyak 700 terabyte.

“Angkanya begitu besar jadi agak sulit untuk saya menjelaskannya. Hal ini tidak dapat dibayangkan. Duapuluh petaflop itu berarti angka 20 diikuti dengan 15 angka nol,” ujar Buddy Bland, direktur proyek Fasilitas Komputasi Kepemimpinan di ORNL.

Titan sebenarnya merupakan pembaruan dari komputer super terbaik dunia keluaran ORNL sebelumnya, Jaguar. Menurut Bland, unit baru ini hampir sama ukurannya dengan Jaguar, namun 10 kali lebih dahsyat. Komponennya mengisi ruangan seluas lapangan basket dengan tinggi 2,5 meter.

Seharga US$100 juta, Titan diharapkan dapat membantu para peneliti di banyak bidang, ujar ORNL.

“Titan akan memungkinkan para ilmuwan melakukan simulasi sistem fisik yang lebih realistis dan jauh lebih detil,” ujar James Hack, direktur Pusat Ilmu Komputasi Nasional di ORNL.

“Perbaikan dalam kualitas simulasi akan mempercepat kemajuan dalam beragam bidang riset seperti energi alternatif dan efisiensi energi, identifikasi dan perkembangan materi baru dan berguna, dan kesempatan untuk melakukan proyeksi iklim yang lebih canggih.”

Bland mengatakan bahwa sudah ada keuntungan komersil langsung dari komputer super tersebut.

Ia mengatakan bahwa perusahaan BMI Corporation menggunakan Jaguar untuk merancang dan mengembangkan alat kerjang udara untuk truk besar supaya kendaraan itu lebih aerodinamis dan hemat bahan bakar.

Dalam sains dasar, komputer super juga telah membantu ilmuwan menentukan sebab putaran bintant neutron, ujar Bland.

Titan merupakan hasil terakhir dalam kompetisi untuk menghasilkan komputer super tercepat di dunia. Ia diharapkan merebut posisi pertama pada daftar 500 komputer super teratas dari tangan Sequoia, yang mengklaim gelar tersebut Juni lalu.

Tiongkok dan Jepang masing-masing memproduksi komputer-komputer yang ada pada posisi lima besar dalam daftar tersebut.

“Komputer berkinerja tinggi merupakan permainan lompat kodok,” ujar Bland. “Setiap negara di dunia menyadari nilai pentingnya. Sangat penting bagi negara kita untuk bisa bersaing pada teknologi papan atas. Memiliki alat terbaik memungkinkan Anda mendapatkan sains terbaik.”

Bland mengatakan bahwa komputer super memiliki masalah teknis yang sama dengan komputer yang ada di rumah-rumah.

“Kami memiliki kepingan yang sama untuk membuat komputer super dengan komputer canggih yang ada di rumah-rumah. Kepingan-kepingan ini bukan dibuat untuk komputer super. Pemrosesnya belum lebih cepat sejak 2002-2003. Hanya jumlahnya saja yang lebih banyak.”

Konsumsi energi juga merupakan tantangan bagi super komputer, namun pihak ORNL mengatakan Titan hanya menggunakan sedikit lebih banyak listrik daripada Jaguar. (VOA/Matthew Hillburn)
XS
SM
MD
LG