Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringatkan Pyongyang Terkait Tindakan Provokatif


Gambar lokasi fasilitas nuklir Korea Utara yang diambil dari satelit ISIS (foto: dok).

Gambar lokasi fasilitas nuklir Korea Utara yang diambil dari satelit ISIS (foto: dok).

Tiongkok telah bergabung dengan negara-negara kuat dunia dalam memperingatkan Korea Utara bahwa mereka tidak akan lagi mentolerir provokasi setelah negara yang terkucil itu gagal meluncurkan roket pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Senin malam di Brasilia bahwa para anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk Tiongkok, sepakat bahwa akan ada konsekuansi lebih jauh apabila Korea Utara melakukan tindakan provokatif lagi. Gambar-gambar satelit baru-baru ini menunjukkan bahwa Pyongyang barangkali sedang bersiap-siap melakukan percobaan nuklir bawah tanah.

Media yang dikuasai pemerintah Tiongkok juga memperlihatkan tanda-tanda kekecewaan mereka terhadap Pyongyang, dan menyebut bahwa Tiongkok mengambil sikap yang jelas dalam mengutuk sekutu lamanya saat memberi dukungan pada pernyataan Dewan Keamanan PBB terkait kecaman atas peluncuran roket tersebut.

Koran Global Times yang dikuasai Partai Komunis Tiongkok mengatakan hari Selasa bahwa Korea Utara tidak boleh dibiarkan salah persepsi bahwa negara itu dapat mengabaikan keinginan Tiongkok tanpa mendapat ganjaran. Suratkabar itu mengatakan Korea Utara akan menanggung akibatnya jika negara itu mencoba mengambil keuntungan dari kebijakan Tiongkok atas Korea Utara.
XS
SM
MD
LG